Aini, Wirdatul (2023) Pengelolaan Pembelajaran Transformatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Mahasiswa Di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-WIRDATUL AINI-2021.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Wirdatul Aini: “Pengelolaan Pembelajaran Transformatif Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman kepulauan Riau Bintan”.
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang pengelolaan pembelajaran transformatif dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam belajar di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa teknik berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Tahapan strategi penerapan pembelajaran transformatif di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau telah dilaksanakan dengan maksimal, adapun proses tahapannya meliputi: a) perencanaan dan persiapan yang diawali kegiatan pembuatan Rencana kegiatan pembelajaran mahasiswa dituangkan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS) selama satu semester perkuliahan b) pengorganisasian dengan mengumpulkan, menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan c) penerapan pembelajaran transformatif yang dapat dilaksanakan dalam 4 kelompok kegiatan yaitu pembelajaran tranformatif sebagai peningkatan kesadaran, pembelajaran transformatif juga di orientasi pada refleksi kritis, berikutnya adalah persfektif pengembangan d) evaluasi proses yang digunakan untuk menilai, mengetahui dan mengukur kebermaknaan pembelajaran dan kreatifitas belajar. 2) Langkah-langkah meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa dimulai dengan a) menunjukkan bahwa kreativitas dan inovasi itu dihargai b) memfokuskan perhatian mahasiswa pada penghargaan internal dari pada penghargaan ekternal c) mendorong mahasiswa menguasai suatu dari mata kuliah yang disenanginya d) memberikan pertanyaan yang mengasah pikiran e)memberikan mahasiswa kebebasan dan rasa aman yang dibutuhkan untuk pengambilan resiko f) menyediakan waktu yang memadai 3) Pengelolaan pembelajaran transformatif memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau yaitu pembelajaran transformatif memberikan keleluasaan dan kebebasan pada mahasiswa untuk mengkaji pembelajaran dengan menunjukkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, memperhitungkan peluang dan potensi, serta mendapatkan pemahaman dan siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan tentang apa yang dipikirkan dan hal apa yang harus dilakukannya. Selain itu juga memberikan kesan positif terhadap tumbuhnya semangat dosen dalam menjalankan tugas agar lebih baik dan mengurai benang kusut persoalan masyarakat Indonesia dan menjawab tantangan global saat ini. Dengan demikian pengelolaan pembelajaran transformatif telah melahirkan sebuah prestasi mahasiswa yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 378. Pendidikan Tinggi, Unversitas > 378.598. Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 09:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 09:56 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1526 |