Hijrah, Nurul (2022) Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Smp Tahfidz Assyifa Al-Islami Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-NURUL HIJRAH-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Nurul Hijrah (192520067): Efektivitas Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMP Tahfidz As-Syifa Islami Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitas pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMP Tahfidz As-Syifa Islami Parung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif disertai dengan observasi lapangan.
Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa efektivitas pembelajaran yang baik, berupa manajemen kelas, kompetensi guru dan keterlibatan siswa menjadi ujung tombak dari meningkatnya kreativitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan yang dialami siswa berupa kesadaran belajar yang tampak dari hasil belajar yang dicapainya.
Penelitian ini sejalan dengan konsep Richard Colin, Philip Taylor, Yusuf Miarso dan Supardi yang menjelaskan bahwa manajemen kepala sekolah, peran guru yang profesional, serta keterlibatan siswa merupakan unsur penting dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 10:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 10:05 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1527 |