repository ptiq

Manajemen Peserta Didik Dalam Menjamin Mutu Lulusan TPQ Hidayatur Rohman Lampung Selatan

Cahyo, Ahmad (2023) Manajemen Peserta Didik Dalam Menjamin Mutu Lulusan TPQ Hidayatur Rohman Lampung Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-AHMAD CAHYO-2019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil analisa tentang pelaksanaan manajemen peserta didik dalam menjamin mutu lulusan TPQ Hidayatur Rohman Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam menjamin mutu lulusan peserta didik, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh TPQ Hidayatur Rohman Lampung Selatan secara administrasi analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, program kegiatan peserta didik yang meliputi kegiatan akademik dan non akademik. sistem penerimaan dan seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, mengatur kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik.
Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh TPQ Hidayatur Rohman dalam menjamin mutu lulusan, yakni kedisiplinan, keteladanan, kartu prestasi santri, reward dan hukuman, mengoptimalkan peranan pemimpin, menyiapkan pendidik yang profesional, pembinaan kualifikasi dan peningkatan kompetensi guru(pembinaan terhadap bacaan guru, pertemuan rutin(mmq), penyegaran metodologi), peningkatan humas, menambah jam pelajaran tambahan bagi peserta didik yang akan mengikuti ujian akhir, membimbing santri untuk berprestasi, mendoakan santri, mengadakan program pembelajaran untuk lulusan TPQ.
Adapun yang menjadi faktor pendukung dan manajemen peserta didik dalam menjamin mutu lulusan TPQ Hidayatur rohman Lampung Selatan adalah berasal dari guru, kemauan peserta didik yang tinggi, serta dukungan dari orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah jadwal mengaji peserta didik yang berbenturan dengan jadwal sekolah, kurangnya ruang belajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya pembiayaan menjadi salah satu faktor penghambat terbesar dalam menjamin mutu lulusan, misalnya insentif guru TPQ yang masih terbilang minim, biaya pembayaran listrik yang semakin meningkat, sehingga pemasukan dengan pengeluaran tidak berimbang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 15 Sep 2024 02:44
Last Modified: 15 Sep 2024 03:10
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item
View Item