Nurmiati, Mimi (2024) Pengelolaan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Qur‘An Di TPQ Ar-Rahmah Cileungsi Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2024-MIMI NURMIATI-2021.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, bagaimana pengelolaan kompetensi pedagogik guru di TPQ Ar-Rahmah Cileungsi Bogor. Kedua, bagaimana pengelolaan kompetensi pedagogik guru dapat meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur‘an di TPQ Ar-Rahmah Cileungsi Bogor.
Pengumpulan data ini diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan temuan sebagaimana berikut:
1. Pengelolaan kompetensi pedagogik guru di TPQ Ar-Rahmah dapat terlaksana baik namun belum ideal. Hal ini ditunjukkan dari: Pertama, Proses Perencanaan Tenaga Pendidik diadakan setiap setahun sekali dengan karakteristik Guru yang melamar harus memiliki syahadah guru Qur‘an, namun belum menerapkan 9 karakteristik Kompetensi guru LPQ. Kedua, Proses Rekrutmen Tenaga Pendidik: Dimulai dengan wawancara Guru dan tes baca Al-Qur‘an guru yang melamar. Ketiga, Pengorganisasian: TPQ Ar-Rahmah memiliki 9 guru termasuk kepala sekolah. dan dua orang tata usaha. Karena kepala sekolah masih merangkap guru kelas, pengelolaan kompetensi guru belum maksimal. Keempat, Pengembangan sumber daya pendidik: Guru di TPQ Ar-Rahmah diwajibkan mengikuti pelatihan dan kajian pendidikan Qur‘an yang diadakan oleh LKPPQ Ar-Rahmah. Kelima, Evaluasi&Pengawasan kinerja guru: TPQ Ar-Rahmah mengadakan Rapat kerja program tahunan dan rapat triwulan. Namun belum ada pengawasan khusus dari kepala sekolah maupun pihak yayasan terhadap kinerja guru.
2. Pengelolaan kompetensi pedagogis guru belum dapat meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Ar-Rahmah secara optimal. Ini ditunjukkan dari: a). Standar Input: TPQ Ar-rahmah tidak memilih santri saat menerima siswa. Tidak ada test membaca Al-Qur'an atau IQRO.Pembagian kelas berdasarkan usia santri tidak didasarkan pada kemampuan santri, b). Standar Proses: Guru tidak membuat rencana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an (RPP) sebelum pembelajaran dimulai dan belum panduan kurikulum khusus untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran, c). Standar Hasil: masih ada santri yang belum dapat mencapai target pembelajaran Al-Qur‘an. Guru belum dapat mengembangkan potensi peserta didik di bidang musabaqah Al-Qur‘an d). Standar Penilaian: untuk mengukur pencapaian belajar santri, TPQ Ar-Rahmah sudah menerapkan tes akhir semester dan tes evaluasi bulanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 15 Sep 2024 08:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2024 08:21 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1552 |