repository ptiq

Pengelolaan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SDN Kebayoran Lama Utara 01 Jakarta Selatan

Lathifahtunni’mah, Lathifahtunni’mah (2024) Pengelolaan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SDN Kebayoran Lama Utara 01 Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-LATHIFAHTUNNI'MAH-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kesimpulan Tesis ini adalah bahwa guru di SDN Kebayoran Lama Utara 01 Jakarta Selatan telah melakukan upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan baik. Orang tua juga ikut terlibat dalam memberikan motivasi belajar kepada anaknya meskipun hal itu belum maksimal. Dengan adanya upaya peningkatkan motivasi belajar kepada peserta didik dapat membuat peserta didik semakin semangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di sekolah.
Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek yang terpilih dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik.
Adapun temuan dalam penelitian ini adalah1), Upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran dengan cara: pertama, menjadikan peserta didik aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Ketiga, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi. Keempat, guru juga harus meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar. Kelima, memberikan penghargaan. Keenam, menciptakan aktivitas yang melibatkan peserta didik. 2). bahwa Motivasi dalam proses belajar mengajar sangatlah penting, karena dengan adanya motivasi belajar sangat membantu peserta didik dalam menerima dan mempelajari setiap materi pelajaran sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan mudah memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:44
Last Modified: 08 Oct 2024 05:44
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item
View Item