repository ptiq

Inovasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Santri Mts Daarul Rahman V Sungai Guntung Indragiri Hilir, Riau

Adha, Nurul (2024) Inovasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Santri Mts Daarul Rahman V Sungai Guntung Indragiri Hilir, Riau. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-NURUL ADHA-2022.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini menyimpulkan tentang Inovasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Santri MTS Daarul Rahman V Sungai Guntung Indragiri Hilir, Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari temuan ini mengungkapkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama yaitu Pemasaran yang dilakukan MTS Daarul Rahman V Sungai Guntung Indragiri Hilir Riau telah menerapkan berbagai strategi pemasaran yang terintegrasi. Mereka melakukan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah di sekitar wilayah Sungai Guntung, di mana para ustadz, ustazah, dan santri memperkenalkan keunggulan pondok pesantren. Pondok pesantren juga memanfaatkan acara keagamaan seperti peringatan maulid dan isra' mi'raj untuk dakwah, serta berpartisipasi dalam kontes tilawatil Quran. Selain itu, mereka menggunakan media cetak seperti brosur dan spanduk. Keterlibatan santri dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan demonstrasi keterampilan seperti kaligrafi juga menjadi bagian dari strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat dan memperkuat citra positif pondok pesantren. Kedua yaitu Upaya inovasi pemasaran untuk meningkatkan minat terhadap MTS Daarul Rahman V Sungai Guntung Indragiri Hilir Riau meliputi pemanfaatan teknologi dan platform digital, terutama media sosial, yang menjadi kunci untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Penggunaan teknologi terbaru dalam pemasaran dapat meningkatkan efisiensi penyampaian informasi dan layanan. Pengembangan strategi promosi yang efektif dan peningkatan keterampilan tim pemasaran juga sangat penting. Fokus pada pemasaran visual yang menarik dapat meningkatkan minat situasional calon siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:57
Last Modified: 10 Oct 2024 01:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item
View Item