repository ptiq

STRATEGI PENGEMBANGAN DAKWAH BIL HAL MELALUI FASHION PAKAIAN MUSLIMAH DI GENERASI MILENIAL (Studi Kasus Brand Fashion Namira Boetique)

KUMALA, PUSPITA NURSITI (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN DAKWAH BIL HAL MELALUI FASHION PAKAIAN MUSLIMAH DI GENERASI MILENIAL (Studi Kasus Brand Fashion Namira Boetique). Undergraduate thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of SKRIPSI PUSPITA NURSITI KUMALA FINISH - Puspita Nursiti kumala.pdf] Text
SKRIPSI PUSPITA NURSITI KUMALA FINISH - Puspita Nursiti kumala.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya tren fashion pakaian muslimah ini menjadi peluang bisnis sekaligus peluang dakwah untuk mengajak wanita muslimah untuk menutup aurat. kini pakaian muslimah tidak lagi dianggap kuno atau ketinggalan zaman karena lahirnya desainer-desainer muslimah yang mendesain pakaian muslimah dengan berbagai macam model, bentuk dan bisa dipadukan dengan berbagai aksesoris sehingga pakaian muslimah bisa diterima oleh semua kalangan. Adanya tren fashion pakaian muslimah ini memberikan dampak positif terhadap wanita muslimah sehingga tidak lagi alasan untuk wanita muslimah untuk tidak mengikuti perintah Allah SWT untuk menutup aurat sesuai dengan syariat islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan dakwah bil hal melalui fashion yang dilakukan oleh Namira Boetique di kalangan milenial dan untuk mengetahui respon konsumen pakaian muslim Namira Boetique terhadap dakwah bil hal melalui fashion yang dilakukan oleh Namira Boetique. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kualitatif desriptif melalui penelitian lapangan (Field Researh), sedangkan sampel yang digunakan purposive sampling kepada 6 informan yakni Owner Namira Boetique dan lima konsumen Namira Boetique. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Strategi pengembangan dakwah bil-hal melalui fashion pakaian muslimah di generasi milenial pada brand fashion Namira Boetique bisa dikatakan berhasil atau efektif, sebagaimana hasil dari data lapangan penelitian peneliti. Karena Namira boetique mampu mengajak serta memotivasi masyarakat khususnya generasi milenial untuk menggunakan pakaian sesuai dengan syariat islam. Adapun Adapun strategi Namira Boetique dalam komodifikasi dakwah bil-hal melalui fashion pakaian muslimah yaitu Komodifikasi Komodifikasi konten atau isi media komunikasi, Komodifikasi Khalayak atau Audiens dan Komodifikasi Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300. Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sri Hayati
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:45
Last Modified: 15 Oct 2024 04:45
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item
View Item