repository ptiq

Model Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Pada Program Pembelajaran Santri Qur’an Center Kepulauan Riau

Rahman, Mahadi (2024) Model Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Pada Program Pembelajaran Santri Qur’an Center Kepulauan Riau. Doctoral thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Disertasi] Text (Naskah Disertasi)
2024-MAHADI RAHMAN-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kesimpulan dari disertasi ini adalah bahawa proses pembelajaran berdiferensiasi pada program pembelajaran santri Qur‘an Center Kepulauan Riau, guru atau ustadz harus mampu mengakomodir semua santri dengan bakat masing-masing, dan harus mampu melayani dengan baik selama pembelajaran berlangsung serta mampu mengakui keberagaman santri yang berasal dari latar belakang orang tua yang berbeda, dan memiliki berbedaan dalam bakat. Kesimpulan penelitian diperoleh melalui analisis terhadap program pembelajaran santri Qur‘an Center Kepulauan Riau. Penelitian ini kemudian ditindaklanjuti dengan pendekatan tafsir tematik berdasarkan isyarah Al-Qur‘an dengan term-term mengenai model pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini memiliki kesamaan dengan Carol Ann Tomlinson (2001), Mat Behri dan Walid Habibi (2017), Zubaidah Simbolon (2022), dan Ahmad Zain Sarnoto (2024), yang menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi penting dalam menjawab tantangan pendidikan masa kini untuk memenuhi kebutuhan dan potensi unik setiap siswa. Penelitian ini berbeda pandangan dengan Philip R.Wallace (1985), Djamarah (1996), Sanjaya (2006), Ahmadi (2012) yang menyatakan bahwa pada pembelajaran konvensional, siswa ditempatkan sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima informasi yang pasif dan berpusat pada guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni menganalisa obyek penelitian dengan menyelidiki, menemukan, serta menggambarkannya baik secara makro maupun mikro, sehingga menghasilkan data deskriptif berupa model pembelajaran berdiferensiasi kepada santri Al-Qur‘an sebagai manusia pembelajar di bidang Al-Qur‘an. Pendekatan yang digunakan adalah tafsir tematik, yaitu merujuk pada langkah-langkah operasional tafsir tematik yang digunakan oleh al-Farmawi. Tujuannya adalah untuk mengakaji sebuah tema dari tema-tema Al-Qur‘an.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 24 Nov 2024 08:26
Last Modified: 24 Nov 2024 08:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item
View Item