Afandi, Siska Handayani (2024) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kompetensi Literasi Digital Dan Continuing Professional Development (Cpd) (Analisis Sequential Explanatory Pada Guru Mts. Negeri 5 Tangerang). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2024-SISKA AFANDI-2021.pdf - Accepted Version
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan kontribusi dari kompetensi literasi digital guru dan pengembangan profesionalisme guru yang berkelanjutan/Continuing Professional Development (CPD)secara parsial atau bersama-sama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs. Negeri 5 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan sequential explanatory, di mana data kualitatif digunakan untuk menjelaskan dan mengklarifikasi hasil temuan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang guru di MTs. Negeri 5 Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah uji regresi linear berganda uji t parsial dan uji F simultan. Pada tahap awal, penelitian ini melakukan survei untuk mengukur tingkat kompetensi literasi digital guru dan tingkat partisipasi dalam program pengembangan profesional berkelanjutan. Selanjutnya, data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang bagaimana kompetensi literasi digital dan partisipasi dalam pengembangan profesional berkelanjutan memengaruhi praktik pengajaran guru. Analisis data dilakukan secara terpisah pada tahap awal untuk menghasilkan temuan kuantitatif, dan temuan ini kemudian dijelaskan dan diklarifikasi melalui analisis data kualitatif pada tahap berikutnya. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa variabel kompetensi literasi digital (X1) adalah (thitung =5,725> ttabel = 2,03951) dan koefisien determinasi R2 (R square)92,6%. Arah pengaruh dapat dilihat dari persamaan regresi Ŷ = 3,575 +0,981 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi literasi digital (X1) akan diikuti kenaikan kualitas pembelajaran (Y) 0,981 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa variabel pengembangan profesional berkelanjutan (X2) adalah (thitung = 12,290> ttabel = 2,03951) dan koefisien determinasi R2 (R square)97,4%. Arah pengaruh dapat dilihat dari persamaan regresi Ŷ = -0,905 + 1,012 X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pengembangan profesional berkelanjutan (X2)akan diikuti kenaikan kualitas pembelajaran (Y) 1,012 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan berdasarkan hasil uji F simultanbahwa Fhitung adalah 1214,332 dan koefisien determinasi R2 (R square)98,7%. Arah pengaruh dapat dilihat dari persamaan regresi Ŷ = -2,998+ 0,327X1 + 0,706X2 , dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi literasi digital (X1) akan diikuti kenaikan kualitas pembelajaran (Y) 1,033 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 05:42 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 05:42 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1614 |