Hamiyya, Izzati Robbi (2023) Pengorganisasian Kurikulum Humanistik Dengan Konsep Fitrah Based Education. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-IZZATI ROBBI HAMIYYA-2020.pdf - Accepted Version
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk implementasi dari pengorganisasian kurikulum humanistik dengan konsep Fitrah Based Education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi dokumen/teks (study literature) dengan menggunakan sumber data primer dari buku, jurnal,penelitian dan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa; 1) Pengorganisasian kurikulum humanistik dalam pendidikan dilakukan
dengan mengelola dan menyelaraskan program kurikulum yang mendasarkan pada kebutuhan peserta didik agar dapat diaktualisasikan dalam pendidikan secara terintegrasi, baik dari sisi kognitif, afektif, dan spiritual. 2) Konsep Fitrah Based Education dibangun berdasarkan fitrah manusia sebagai sumber utama yang merupakan potensi dalam diri manusia yang harus ditumbuhkembangkan melalui pendidikan. 3) Implementasi pengorganisasian kurikulum humanistik dengan konsep Fitrah Based Education dimulai dengan melakukan perencanaan kurikulum oleh tim kurikulum khusus untuk menentukan tema pembelajaran, durasi dan peran masing-masing organisasi dalam pendidikan, mulai dari peran guru, orang tua dan peserta didik.
Kemudian melaksanakan pembelajaran berdasarkan 8 dimensi fitrah yang telah disusun dalam kurikulum dengan dilengkapi berbagai pendekatan dan kegiatan untuk mencapai indikator fitrah pada setiap dimensi. Selanjutnya adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan melalui penyusunan jurnal, form observasi dan asesmen yang dilakukan oleh fasilitator yang mendampingi peserta didik. Hal menarik yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, adanya klasifikasi 8 fitrah yang menunjukkan kesinambungan antara satu fitrah dengan fitrah lainnya yang hendaknya ditumbuhkan secara stimultan. Dimensi fitrah inilah yang menjadi landasan dalam pengorganisasian kurikulum humanistik untuk dapat memberikan gambaran mengenai kurikulum humanistik berbasis fitrah sesuai tahapan usia. Hal inilah yang menjadikan penelitian ini berbeda dengan penelitian lainnya seperti Mardiah Astuti (2017), Mohammad Muhtadi (2018), Sajidin (2020), Eneng Siti Mahdiah (2020) dan Sudrajat, dkk (2020) karena fokusnya kepada pengorganisasian kurikulum secara menyeluruh dan implementasinya pada satuan PAUD. Tesis ini juga] menemukan tahapan dan langkah yang konkrit dalam upaya mengimplementasikan kurikulum humanistik berbasis fitrah ini, sehingga dapat diterapkan oleh pendidik dan lembaga pendidikan yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:47 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1619 |