Mustaqim, Ahmad (2019) Pengaruh Pemahaman Orang Tua tentang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Minat baca Al-Qur’an Siswa SMP Islam Al-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-AHMAD MUSTAQIM-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pendidikan orang tua dan profesionalisme guru terhadap minatbacaAl-Qur’an secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari obyek penelitian yaitu para siswa di SMP Islam AL-KautsarPondokCabeIlirTangerang Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 124 responden dari 180 populasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama,Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan pendidikan orang tua terhadap hasil minat baca Al-Qur’an siswa SMP Islam AL-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) terlalu lemah variabel pendidikan orang tua (X1) dengan variabel minat baca Al-Qur’an(Y) di peroleh nilai Pearson correlation (ry1) yaitu 0.174 pada taraf kepercayaan 99% (α = 0,01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R2(R square) = 0,124, yang berarti bahwa pendidikan orang tua memberikan pengaruh terhadap minat bacaAl-Qur’an hanya 12,4 % dan sisanya yaitu 87,6 % ditentukan oleh faktor lainya. Sedangkan untuk arah pengaruh regresi sederhana Ŷ = 110,717 + 0,195X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pendidikan orang tua akan mempengaruhi peningkatan skor minat baca Al-Qur’an sebesar 0,195.
Kedua,Terdapat pengaruh positif dan signifikan profesionalisme guru terhadap hasil minat baca Al-Qur’an siswa SMP Islam AL-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien variabel profesionalisme guru (X2) dengan minat baca Al-Qur’an(Y) diperoleh nilai Pearson correlation (ry2) sebesar 0,297, pada taraf kepercayaan 99% (α = 0,01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R2(R square)= 0,186, yang berarti bahwa lingkungan belajar memberikan pengaruh terhadap minat baca Al-Qur’an sebesar 18,6 % dan sisanya yaitu 81,4 % ditentukan oleh faktor lainya. Sedangkan untuk arah pengaruh regresi sederhana Ŷ = 119,205 + 0,269X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan belajar akan mempengaruhi peningkatan skor minat bacaAl-Qur’an sebesar 0,269.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan orang tua dan profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap hasil minat baca Al-Qur’an siswa SMP Islam AL-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Hal ini di buktikan dengan besarnya pengaruh yang dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi R2(R square) sebesar 0,399, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R2(R square)= 0,286, atau 28,6 % dan sisanya yaitu 71,4 % ditentukan oleh faktor lainya. Adapun pengaruh persamaan arah regresi Ŷ = 120,306 + 0,113X1 + 0,261X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pendidikan orang tua dan profesionalisme guru secara bersama-sama, akan mempengaruhi peningkatan skor minatbacaAl-Qur’an sebesar 0,374. Maka dapat disimpulkan bahwa setiap peningkatan satu unit skor pendidikan orang tuadan profesionalisme guru akan mempengaruhi peningkatan skor hasil minat baca Al-Qur’an siswa SMP Islam AL-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan sebesar 0,374
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 306. Kebudayaan & Pranata > 306.874. Orang Tua 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:51 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/162 |