Rohim, Abdul (2019) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Perspektif Era Revolusi Industri 4.0 dan Implementasinya di SD Al-Bayan Islamic School Tangerang. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-ABDUL ROHIM-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang penerapan SPM Dikdas di SD Al Bayan Islamic School, dan mendeskripsikan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) dalam perspektif era revolusi industri 4.0 sekaligus implementasinya di SD Al Bayan Islamic School.
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling digunakan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data dan informan penelitian meliputi; Kepala Sekolah, dan para Wakil Kepala Sekolah, Guru, Parents Teachers Association (PTA) serta Tenaga Kependidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di SD Al Bayan sudah terpenuhi dengan optimal (2) SPM Dikdas perspektif era revolusi industri 4.0. Pertama dalam ranah sarana prasarana bahwa adanya Smart Classroom yang memiliki fasilitas koneksivitas akses internet di dalam pembelajarannya. Kedua, kurikulum harus di reorientasi dengan beberapa perubahan kompetensi yang harus dimiliki, siswa seperti penguasaan tiga literasi yakni literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Ketiga, pendidik menerapkan pembelajaran dengan berorientasi kepada sistem Technological Pedagogical and Content Knowledge (3) wujud dari Implementasi SPM Dikdas perspektif era revolusi industri 4.0 di SD Al Bayan terwujudnya fasilitas komputer dan projector untuk menerapkan Smart Classroom meski belum adanya koneksivitas akses internet, terciptanya literasi teknologi pada pembelajaran Science, Mathematic dan English berupa pemberian bahan ajar berbentuk DVD Rom interaktif yang diajarkan di sekolah sehingga siswa dapat belajar kapanpun dimanapun. Terciptanya pendidik yang menerapkan sistem Computer Assisted Instruction (CAI) atau pembelajaran memanfaatkan Word Processor Learning (WPL).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 363. Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 08:14 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 08:14 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/163 |