Bani, Moh Yusuf (2023) Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Guru Penutur Asli (Native Speaker) Dalam Meningkatkan Mutu Berbahasa Arab Santri Al-Wafi Islamic Boarding School Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2023-MOH YUSUF BANI-2020.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan Manusia, dengan adanya komunikasi yang terus menerus antara sesama makluk sosial. Terlebih bahasa Arab yang saat ini menjadi bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris, maka dari itu perserta didik harus ambil bagian dalam hal pembelajaran bahasa arab agar mampu bersaing dalam kancah internasional. Salah satu upaya guna memahami bahasa Arab ini dengan Mendatang kan Guru Penutur Asli native speaker Sebagai tenaga pengajar bahasa Arab, sebagai Wasilah untuk Menguasai Bahasa arab dengan baik dan benar. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Mendeskripsikan Proses manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Mulai dari Analisis Perencanaan Pembelajaran Di Mahad Al wafi Islamic Boarding Schoo, serta Proses Pelaksanaan Pembelajaran. 2) Bagaimana Proses Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Guru Penutur Asli Native Speaker Dalam Meningkatkan Mutu Bahasa Arab. Tujuan Penelitian Ini adalah: 1) Menganilisis dan Mendeskripsikan proses manajemen Pembelajaran bahasa Arab mulai dari Proses Perencanaan
Pembelajaran yang meliputi: menentukan Alokasi waktu dan Minggu Efektif, Menyusun Program Tahunan (PROTA), Menyusun Program Smesteran (PROMES), Menyusun Silabus Pembelajaran, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP. 2) Mendeskripsikan Proses
Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Guru Native Speaker Dalam Meningkatkan Mutu Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari hasil obeservasi, wawancara dan dokumentasi dimulai dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan.Hasil Penelitian ini adalah: 1). Guru penutur asli atau native speaker memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu bahasa arab. Peningkatan mutu bahasa arab tersebut dilakukan melalui peningkatan aspek-aspek bahasa Arab yang meliputi: a) Perencanaan Kegiatan Pembelajaran bahasa Arab. b) Pengorganisasian Kegiatan Pembelajaran bahasa Arab c). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran bahasa Arab. d) Pengawasaan Kegiatan Pembelajaran bahasa Arab. e) Evaluasi Kegiatan Pembelajaran bahasa Arab. Adapun program -program bahasa Non formal
diantarannya: 1). Al mahrojan allughowi (Festival Bahasa). 2) Pekan Bahasa. 3) Muhadoroh Bahasa Arab. 4) Percakapan bahasa Arab & drama bahasa Arab. 2). Guru penutur asli dalam Manajemen pembelajaran bahasa Arab tergolong dalam kategori efektif: a). Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada santri. Mayoritas dari mereka menyukai pelajaran bahasa Arab, hal ini dibuktikan dengan 89% dari total 88 siswa SMP dan SMA menyukai pelajaran bahasa Arab, dan sisanya 11% menganggap pelajaran bahasa Arab itu biasa saja, sama seperti mata pelajaran lainnya. Adapun Keterampilan bahasa Arab yang tercapai adalah: 1) keterampilan mendengarkan, 2) keterampilan berbicara, keterampilan membaca, 4). keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 12:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 12:04 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1630 |