Juwariah, Siti (2024) Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Jannah Jakarta Utara. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2024-SITI JUWARIAH-2021.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Kesimpulan tesis ini adalah : Pemanfaatan Media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan kognitif anak usia dini di RA Al Jannah yaitu dilakukan dengan beberapa metode dengan cara mengenal kosakata disetiap tema. Pengenalan kartu kata dilakukan setiap hari secara konsisten dan berulang ulang, kartu kata bergambar juga digunakan dalam bentuk permainan dan juga nyanyian, ada beberapa model kartu kata yang digunakan di RA Al Jannah yaitu kartu kata tema, kartu kata serasi, kartu kata pancingan, kartu kata bingo, dan kartu karta pengingat, strategi peningkatan kemampuan membaca anak usia dini yang dilakukan di dengan media kartu kata bergambar yaitu dengan cara bertahap yaitu melalui pendekatan fonetis, pengenalan suku kata, whole language, aktifitas interaktif dan menyenangkan. Strategi peningkatan kognitif yang dilakukan di Ra berbagai permainan yaitu dengan cara permainan pengelompokkan kata dan permainan memori contoh permainan memori yang dilakukan adalah yaitu permainan dengan kartu kata pengingat, kartu kata bingo, permainan tebak gambar, dan permainan pancingan dengan suku kata. Fungsi pemanfaatan kartu kata bergambar bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kosakata, pengembangan kemampuan membaca, Stimulasi visual, pembelajaran interaktif, juga dapat meninngkatkan kemampuan Bahasa dan kognitif. Dengan cara Temuan penelitian ini juga mengungkapkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam penggunaan media kartu kata bergambar sangat mempengaruhi efektivitasnya. Strategi penggunaan media kartu kata bergambar dalam peningkatan kemampuan membaca dan kognitif juga menentukan ke efektifan penggunaan media kartu kata bergambar. Selain itu, adaptasi dan kreativitas dalam penggunaan kartu kata bergambar sesuai dengan konteks dan kebutuhan anak turut berkontribusi dalam peningkatan kemampuan membaca dan kognitif mereka. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat menjadi alat yang efektif dan fleksibel dalam mendukung pembelajaran anak usia dini. Rekomendasi bagi praktisi pendidikan adalah untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan media ini dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 08:22 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 08:22 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1644 |