Yahya, Hilmi Nor (2024) Pengelolaan Madrasah Diniyah Nonformal Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Muatan Lokal Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Basmol, Jakarta Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2024-HILMI NOR YAHYA-2022.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas Pengelolaan Madrasah DiniyahNonformal Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Muatan Lokal metode penelitian yang dipergunakan adalah metode survei dengan Teknik penelitian menggunakan wawancara dan observasi kepada sumber data yaitu pengurus Yayasan kepala madrasah diniyah dan guru. Adapun hasil penelitian ini adalah sebaga iberikut; pertama, Pengelolaan Madrasah Diniyah Nonformal Al-Hidayah Basmol, masih belum menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan administratif yang dikemukakan oleh Henri Fayol. Akibatnya, tujuan pengelolaan madrasah diniyah ini belum sepenuhnya tercapai sesuai yang diharapkan. Padahal, madrasah ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak signifikan terhadap kualitas pembelajaran muatan lokal di Madrasah Aliyah Al-Hidayah. Jika sistem pengelolaan yang lebih baik diterapkan, madrasah diniyah ini dapat berperan lebih efektif dalam memperkuat fondasi ilmu agama dan keterampilan santri yang juga mengikuti program di Madrasah Aliyah. Kedua,Kualitas pembelajaran muatan lokal di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Basmol sangat tinggi, dengan fokus pada pemahaman keislaman yang mendalam, yang idealnya hanya bisa dicapai oleh santri yang telah lama berada di pondok pesantren. Muatan lokal ini merupakan warisan dari para guru terdahulu yang memiliki tingkat keilmuan yang sangat tinggi, sehingga level pembelajarannya menjadi sangat kompleks dan berorientasi pada pendalaman ilmu agama secara intensif. Hal initentunyamemberikantantanganbagi para siswa dalam memahami materi dengan baik. Seharusnya, Madrasah Diniyah non formal dapat di manfaatkan secara optimal untuk memberikan manfaat tambahan bagi pembelajaran muatan lokal di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Basmol, sehingga mendukung penguatan pemahaman agama para santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 09:08 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 09:21 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1647 |