Badruzzaman, Muhammad Fajar (2024) Pengelolaan Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur‟An Peserta Didik Di SMA Islam PB Soedirman Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2024-MUHAMMAD FAJAR BADDRUZZAMAN-2022.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
MUHAMMAD FAJAR BADRUZZAMAN: 222520055. Pengelolaan Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an Peserta Didik di SMA Islam PB Soedirman Jakarta. Tesis: Program Studi Megister Manajemen Pendidikan Islam Universitas PTIQ Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait strategi pengelolaan kecerdasan emosi peserta didik, langkah-langkah peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur‟an peserta didik, kontribusi pengelolaan kecerdasan emosi terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur‟an peserta didik di SMA Islam PB Soedirman Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field Research), menggunakan metode survei dengan tehnik observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan peneliti terhadap informan utama dan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: Pertama; strategi dalam mengelola kecerdasan emosi peserta didik dilakukan dengan beberapa kegiatan, diantaranya: pembiasaan keagaman, pembinaan wali kelas dan guru bimbingan konseling, bakti sosial, seminar, tasmi‟ Al-Qur‟an antar peserta didik, diskusi, dan darma wisata. Kedua; langkah-langkah peningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an, melalui indikator-indikator sebagai berikut: memberikan motivasi dan menumbuhkan niat para peserta didik, memberikan saran dan arahan, membentuk kelompok sesuai kemampuan, mengajarkan tehnik muraja‟ah (ulangan hafalan),membuat jadwal rutin hafalan setiap hari, bekerja sama dengan orang tua dalam memberikan support dan motivasi.
Ketiga; pengelolaan kecerdasan emosi terbukti memberikan kontribusi yang efektif terhadap peningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an peserta didik SMA Islam PB Soedriman Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian target hafalan dengan kualitas bacaan yang baik pada peserta didik yang telah mengkuti ujian. Bacaan Al-Qur‟an peserta didik memiliki kualitas dalam 3 aspek penting, yaitu: penggunaan tajwid yang benar, fashohah yang sesuai dan kelancaran bacaan yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 09:44 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 09:44 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1648 |