Putra, Abdul Azhar (2023) Analisis Computer Mediated Communication Konten Memeislam.Id sebagai Media Dakwah di Kalangan Milenial. Undergraduate thesis, Universitas PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of 191210002 - Abdul Azhar.pdf]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
191210002 - Abdul Azhar.pdf
Download (9MB)
Abstract
Skripsi ini mengangkat masalah tentang fenomena dakwah menggunakan meme di instagram, tidak seperti biasanya seperti di masjid, majelis, halaqoh, dsb. Karena itu skripsi ini bertujuan untuk menganalisis konten Memeislam.id sebagai media dakwah di kalangan milenial dan mengetahui penerapan konten Memeislam.id
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi virtual Joseph Walther yang membahas tentang fenomena pengembangan hubungan dalam format computer mediated communication. Kajian dalam computermediated communication lebih mengkhususkan pada komunikasi interpersonal manusia melalui internet atau web. Pada teori ini ada tiga perspektif yang mengkaji tentang computer yaitu komunikasi impersonal, interpersonal, dan hyperpersonal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menjelaskan fenomena komunikasi dakwah melalui meme di instagram. Metode penelitian ini menggunakan tenologi CMC kualitatif, dengan melakukan observasional online, dengan para penikmat meme yang di share Memeislam.id, dan menganalisis tulisan atau teks-teks yang berkaitan dengan meme dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan Memeislam.id berkomunikasi dengan
para komunikan melalui computer mediated communication yang dilakukan dengan tahapan impersonal, interpersonal, dan hyperpersonal. Hasil temuan yang didapat, penggunaan emoticon dan meme dipakai komunikator dan komunikan untuk mengganti bahasa non verbal. Tahapan kedua yaitu tahapan interpersonal,
komunikator berusaha membuka diri dengan cara menyebarkan meme yang relate dengan masyarakat. Sehingga komunikator mendapatkan respon berupa like, comment, follow, dan share. Tahapan terakhir yaitu tahapan hyperpersonal. Dalam tahapan ini terjadi 4 variabel proses komunikasi menurut walther yaitu: sender,
receiver, channel, dan feedback. Sender, akun Memeislam.id mempresentasikan diri nya sebagai pendakwah melalui konten meme islami. Channel, dalam setiap postingan Memeislam.id selalu menyertakan caption berupa source, media partner, dan hastags. Feedback, timbal balik terhadap akun Memeislam.id dapat berupa like, comment, follow, share, dan save. Dalam menyebarkan dakwah Memeislam.id menggunakan metode yang dianjurkan dalam Al-Qur'an. Ketiga metode dakwah yang terekam dalam QS. An-Nahl 125 yaitu: Hikmah, Mauidhah hasanah, dan Mujadalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 297. Islam 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.74. Da'wah/Dakwah Islam, Penyebaran Islam 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.2. Dakwah Islam, Penyebaran Islam > 2X7.24. Metode, Media dan Sarana Dakwah 300. Ilmu Sosial > 302. Interaksi Sosial > 302.2. Komunikasi > 302.23. Media Komunikasi, Media Massa |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Sri Hayati |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 14:40 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 14:40 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1662 |