repository ptiq

PENDEKATAN CMC PADA AKUN @WOWCREEPY_ID SEBAGAI MEDIA BERITA MISTIK DI INSTAGRAM

FIKRI, AHMAD AINUN (2024) PENDEKATAN CMC PADA AKUN @WOWCREEPY_ID SEBAGAI MEDIA BERITA MISTIK DI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 201210055_Ahmad Ainun Fikri.pdf] Text
201210055_Ahmad Ainun Fikri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena mistisme di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat dari media televisi ke media sosial, Khususnya Instagram. Akun @wowcreepy_id, yang menyajikan konten mistis dan superanatural, menarik banyak perhatian pengikut, termasuk Muslim milenial, dengan cerita dan mitos yang seringkali bertentangan dengan ajaran Islam. Minat yang tinggi terhadap konten ini mencerminkan dinamika menarik antara kepercayaan agama dan daya tarik fenomena mistis di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana menganalisis pesan-pesan mistis dari akun @wowcreepy_id diterima dan dimaknai oleh follwers Muslim di Instagram, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap pandangan keagamaan mereka. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode computer mediated communication (CMC) digunakan untuk mengamati interaksi komunikasi di media sosial. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menguraikan secara sistematis, faktual dan akurat hubungan antara fenomena mistis dan pandangan followers Muslim. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima informan yang merupakan owner dan staff konten kreator serta pengikut akun @wowcreepy_id dan diolah melalui tahap pengumpulan data berupa reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang peran akun @wowcreepy_id di Instagram terhadap keseimbangan antara keyakinan agama dan minat terhadap konten mistis dan superanatural di kalangan Muslim milenial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 302. Interaksi Sosial > 302.2. Komunikasi
300. Ilmu Sosial > 302. Interaksi Sosial > 302.2. Komunikasi > 302.23. Media Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sri Hayati
Date Deposited: 21 Feb 2025 14:45
Last Modified: 21 Feb 2025 14:45
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item