Rofingah, Tati Khafidotur (2022) Profesionalisme Kepala Paud Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran Berbasis Islam. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2022-TATI KHAFIDOTUR ROFINGAH-2018.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
TATI KHAFIDOTUR ROFINGAH (182520045) Profesionalisme Kepala PAUD Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran Berbasis Islam.
Kesimpulan tesis ini adalah bahwa Kepala PAUD yang profesional dan optimal dalam menjalankan tugasnya dapat menggerakkan pendidik PAUD, peserta didik PAUD, wali peserta didik, dan stakeholders PAUD lainnya dengan optimal sehingga visi misi lembaga PAUD dapat terealisasikan dengan baik dan menghasilkan mutu pendidikan serta mutu pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kepustakaan (Library Research) yakni studi dokumen atau teks. Jika dilihat dari sifat penelitian, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, konsep kepala PAUD dalam meningkatkan pengembangan mutu pembelajaran berbasis islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diantaranya yakni: a. Kepala PAUD meng-upgrade diri untuk belajar dan bekerjasama dengan lembaga lain, b. Kepala PAUD memotivasi Pendidik PAUD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran di kelas guna mendapatkan reward, c. Sebelum masuk kelas atau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) anak-anak diberikan pembiasaan membaca asmaul husna, do’a harian atau surah-surah pendek, d. Mengadakan ekstrakurikuler keagamaan, memberikan bimbingan konseling, mengefektifkan peserta didik, dan e. Mendidik anak untuk belajar menabung dengan tabungan syariah. Kedua, Model gaya kepemimpinan kepala PAUD yang profesional dalam mengembangkan mutu pembelajaran berbasis islam adalah gaya kepemimpinan visioner kepala PAUD. Sebab, kepala PAUD yang mempraktikkan gaya kepemimpinan visioner menjadi pribadi yang futuristik, demokratis, serta memimpin lembaga PAUD-nya dengan sikap optimis. Optimisme tersebut ditunjukkan dengan sikapnya yang selalu belajar dan mendorong pendidik PAUD serta tenaga kependidikan PAUD untuk selalu belajar pula.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 23 Feb 2025 03:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2025 03:38 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1670 |