repository ptiq

Kepemimpinan Transformasional Berbasis Spiritualisme Zikrullah Dalam Meningkatkan Karakter Unggul Peserta Didik Di SDIT Fatahillah

Safii, Ibnu (2024) Kepemimpinan Transformasional Berbasis Spiritualisme Zikrullah Dalam Meningkatkan Karakter Unggul Peserta Didik Di SDIT Fatahillah. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of NASKAH TESIS] Text (NASKAH TESIS)
2024-IBNU SAFII-2022.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Studi ini mengeksplorasi peran kepemimpinan transformative berdasarkan spiritualisme Zikrullah dalam konteks pendidikan Islam, khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Fatahillah. Kepemimpinan transformatif memiliki dampak yang signifikan pada pengembangan karakter siswa, dan studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana integrasi nilai-nilai spiritual dalam bentuk Zikrullah dapat memperkuat efek positif kepemimpinan. Tesis ini mencakup konsep kepemimpinan transformatif, spiritualitas Islam, dan konsep Zikrullah. Kerangka teoritis ini memberikan dasar untuk memahami hubungan antara kepemimpinan transformatif yang ditandai dengan nilai-nilai spiritual Islam, khususnya Zikrullah, dan pengembangan karakter siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Para peserta studi melibatkan pemimpin sekolah, guru, dan siswa SDIT Fatahillah. Metode ini dirancang untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang implementasi kepemimpinan transformatif berdasarkan spiritualisme Zikrullah dan dampaknya pada karakter siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang terintegrasi dengan spiritualisme Zikrullah memiliki pengaruh positif dalam membentuk karakter peserta didik. Adanya perubahan positif mencakup aspek moral, etika, kepribadian, dan adaptasi sosial, yang dapat memperkuat landasan moral peserta didik. Penelitian ini memberikan implikasi praktis untuk manajer pendidikan dan pemimpin di sekolah-sekolah Islam. Mengintegrasikan nilai-nilai spiritual ke dalam kebijakan kepemimpinan dan pembelajaran dapat berfungsi sebagai dasar untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter siswa contoh. Secara keseluruhan, tesis ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional berdasarkan spiritualisme Zikrullah memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan karakter yang sangat baik siswa di SDIT Fatahillah. Temuan ini tidak hanya berkontribusi pada pemahaman tentang konsep kepemimpinan dan spiritualitas dalam konteks pendidikan Islam, tetapi juga memberikan wawasan praktis untuk pengembangan kebijakan pendidikan berorientasi karakter di sekolah-sekolah serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 23 Feb 2025 04:20
Last Modified: 23 Feb 2025 04:20
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item
View Item