repository ptiq

Penggunaan Aplikasi Computer Based Test dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Di SMP Negeri 96 Jakarta

Amarsyah, Wahido (2024) Penggunaan Aplikasi Computer Based Test dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Di SMP Negeri 96 Jakarta. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of naskah Tesis] Text (naskah Tesis)
2024-WAHIDO AMARSYAH-2020.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Computer Based Test (CBT) dalam meningkatkan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 96 Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini mengungkapkan bahwa aplikasi CBT meningkatkan efisiensi waktu penilaian dan meminimalkan penggunaan kertas (paperless). Namun, ditemukan kendala teknis terkait perangkat dan jaringan yang memengaruhi kelancaran pelaksanaan evaluasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi CBT seperti ExamPatra mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam evaluasi pembelajaran meskipun membutuhkan dukungan teknis yang lebih optimal. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya kerangka teori tentang efektivitas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, yang relevan dengan konsep evaluasi formatif dan sumatif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi CBT memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran dengan meningkatkan akurasi dan efisiensi evaluasi. Namun, optimalisasi infrastruktur teknologi menjadi kebutuhan mendesak. Kajian ini memberikan rekomendasi bagi lembaga pendidikan untuk memperkuat dukungan teknis dan pelatihan kepada pengguna aplikasi CBT guna memaksimalkan efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 May 2025 05:38
Last Modified: 04 May 2025 05:38
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item
View Item