repository ptiq

Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Mts Darunnajah Jakarta

Mubasir, Ahmad (2024) Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Mts Darunnajah Jakarta. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-AHMAD MUBASIR-2021.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Mubasir : “Literasi Membaca dan Menulis Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di MTS Darunnajah Jakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskirpsikan mengenai peningkatan kualitas pengajaran guru, literasi membaca dan menulis guru dan peran literasi membaca dan menulis untuk meningkatkan kualitas pengajaran di MTs Darunnajah Jakarta.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah yaitu pertama, mengenai peningkatan kualitas pengajaran, secara keseluruhan seorang guru dapat dikatakan bagus, hal itu bisa dilihat pada indikator seperti indikator dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru, indikator Mengukur Keberhasilan Mengajar Guru, indikator Kendala Mengajar Guru dan indikator Keberhasilan Dalam Mengajar.
Kedua, sejauh ini literasi membaca dan menulis guru di MTs Darunnajah sudah cukup baik, hal itu bisa dilihat dari indikator yang meliputi: a. apakah guru suka membaca dan menulis, b. Apa bacaan dan tulisan guru,c. apakah guru datang ke perpustakaan untuk membaca dan menulis, d. strategi apa untuk meningkatkan kualitas literasi membaca dan menulis guru. Namun demikian, literasi membaca dan menulis guru di MTs Darunnajah masih termasuk terus diperbaiki, sebagian guru sudah mengerti akan pentingnya literasi membaca dan menulis dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Meski demikian, masih ada guru yang minim literasi sehingga guru harus diberikan evaluasi dan motivasi untuk selalu meningkatkan kualitas pengajaran.
Ketiga, peran literasi membaca dan menulis dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru memberikan dampak terhadap kualitas pengajaran guru dan terhadap hasil belajar peserta didik di MTs Darunnajah Jakarta, hal ini tampak ketika peserta didik melaksanakan ujian dan hasil raport yang didapatkan sekolah. Laporan tersebut memiliki makna bahwa peran literasi membaca dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru sangat penting sehingga guru dapat memberikan pengajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 May 2025 05:57
Last Modified: 04 May 2025 05:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item
View Item