repository ptiq

Efektivitas Program Pendampingan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat, Tangerang Selatan, Banten

Ana, Junaidi (2024) Efektivitas Program Pendampingan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-JUNAIDI ANA-2022.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini menyimpulkan tentang Efektivitas Program Pendampingan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Penelitian ini menggunakana pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari temuan ini mengungkapkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama yakni Efektivitas pendampingan yang dilakukan dengan melakukan pendampinagn dalam meningkatkan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola lembaga secara manajerial, pelatihan guru dalam meningkatkan kompetensi pemebelajaran, parenting untuk orangtua siswa, dan peningkatan keterampilan bagi siswa. Kedua dalam aspek pembelajaran, sekolah menerapkan pendekatan student-centered learning dengan menggunakan beberapa model utama seperti Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran Kooperatif, Problem Based Learning, Model Inkuiri, dan Game-based Learning. Pendekatan ini diintegrasikan dengan framework FIRST yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa, didukung dengan pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran yang relevan, serta penerapan penilaian autentik dan umpan balik konstruktif. Ketiga LSM Nice Foundation memainkan peran krusial dalam keberhasilan program ini melalui pendampingan komprehensif yang mencakup berbagai program seperti pelatihan guru (ROOTS Edu) dengan FIRST Framework, program pengembangan siswa (Bright Boot Camp, ACT), pendampingan kepala sekolah (Edulead), dan pelatihan orang tua (Parents School). Lembaga ini juga secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi bulanan, membantu pengembangan kurikulum inovatif, serta mendukung pemanfaatan teknologi pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 May 2025 06:36
Last Modified: 04 May 2025 06:36
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item
View Item