repository ptiq

Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Di SMA IT Rahmaniyah Al-Islamy Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Fatukaloba, Riyan (2024) Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Di SMA IT Rahmaniyah Al-Islamy Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-RIYAN FATUKALOBA-2022.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini menyimpulkan tentang Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Di SMA IT Rahmaniyah Al-Islamy Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari temuan ini mengungkapkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama Saat ini, SMA IT Rahmaniyah Al-Islamy memiliki struktur pengelolaan sarana Prasarana yang sistematis dengan siklus perencanaan tahunan, pengadaan, pemeliharaan, dan evaluasi berkala. Fasilitas dasar yang ada, seperti gedung milik sendiri dan ruang kelas berteknologi modern, telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, baik akademik maupun non-akademik. Namun, terdapat beberapa tantangan, antara lain keterbatasan administrator, pengawasan penggunaan fasilitas di luar jam sekolah, serta kondisi asrama semi permanen yang belum optimal. Kedua Penelitian ini juga mengidentifikasi langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan manajemen sarana Prasarana, yaitu dengan implementasi sistem monitoring digital untuk pengawasan fasilitas malam hari, peningkatan kualitas bangunan asrama menjadi permanen, pengembangan infrastruktur teknologi pembelajaran terintegrasi, serta penguatan sistem dokumentasi inventaris. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan penambahan tenaga administrator, pembangunan fasilitas olahraga terpisah untuk SMA, dan penyusunan anggaran khusus untuk
modernisasi fasilitas boarding. Evaluasi berkala terhadap efektivitas penggunaan sarana Prasarana dan perencanaan pemeliharaan jangka panjang yang lebih terstruktur juga dianggap perlu untuk meningkatkan dampak positif terhadap capaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 May 2025 08:30
Last Modified: 04 May 2025 08:30
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item
View Item