Amrullah, Amrullah (2019) Pembentukan Karakter Sabar dan Jujur Anak Usia Dini persepektif Al-Qur’an Melalui Sirah Nabawiyah. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-AMRULLAH-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Ada banyak permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia. Pertama, pendidikan karakter menjadi hal yang darurat karena merupakan pondasi bagi kebaikan anak di masa yang akan datang. Kedua, berbohong serta anarkis dianggap hal yang biasa yang dilakukan anak dan tidak sedikit yang justru diplopori oleh orang tua anak. Ketiga, lembaga pendidikan belum mampu mengatasi semua persoalan yang semakin hari terus bertambah terkait kasus karakter. Keempat, pola pikir pendidik dan tenaga kependidikan yang financial oriented (mengedepankan uang). Kelima, implementasi pendidikan karakter dalam simbolisme verbal dan tekstual.
Dari banyaknya masalah pendidikan karakter ini, maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua karakter yang perlu diperbaiki yaitu jujur dan sabar. Sehingga akan ada solusi yang tepat, demi memajukan memperbaiki karakter anak usia dini di Indonesia ke depannya. Dengan memperhatikan karakter anak, berarti ikut memajukan pendidikan nasional di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post-positivisme, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek alamiah. Kemudian, pengumpulan data secara triangulasi (gabungan) dan analisis data bersifat induktif, serta hasil penelitian kualitatif ini lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kepustakaan (library research), dan Al-Qur’an sebagai sumber data primernya. Dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah terkumpul, peneliti menggunakan metode tafsir maudhu’i.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep Pembentukan Karakter Jujur dan Sabar Anak Usia Dini Persepektif Al-Qur’an berisi tentang cara menumbuhkan karakter jujur dan sabar persepektif Al-Qur’an dengan berbagai macam metode: (1) menggunakan cerita, (2) keteladanan dari guru atau orang tua, (3) penanaman nilai. Adapun ukuran terbentuknya sebuah karakter adalah seperti yang Thomas Lickona (1991) sampaikan, karakter berkaitan dengan (moral knonwing), (moral felling), dan (moral behavior). Dan ini bisa dilakukan dengan konsep Sirah Nabawiyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 649. Mengasuh anak, perawatan di rumah bagi orang sakit dan penderita cacat > 649.7. Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 02:18 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 02:18 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/179 |