repository ptiq

Pengembangan Instrumen Supervisi Guru Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Nurul Fikri Depok

Aminulloh, Aminulloh (2023) Pengembangan Instrumen Supervisi Guru Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Nurul Fikri Depok. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-AMINULLOH-2020.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tesis ini menyimpulkan bahwa berdasarkan kajian ulang dan penyesuaianya ditemukan bahwa indikator mutu pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Depok meliputi; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an siswa dengan indikator kualitas baik dan benar dalam makhorijul huruf dan tajwid, serta memiliki fashohah kelancaran dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga dari indikator proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ini akan menghasilkan output, outcome dan dampak dari hasil kualitas pembelajaran Al-Qur’an.
Langkah-langkah pengembangan instrumensupervisi guru Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Depok, dapat diidentifikasi melalui beberapa tahapan atau langkah-langkah yang dimulai darimenentukan permasalahan dan instrumen apa yang akan digunakan. Menentukan variabel dan indikator yang akan diawasi, Menentukan instrumen yang akan digunakan. Menjelaskan setiap variabel, menyusun kisi-kisi instrumen, penulisan butir-butir pernyataan instrumen, mengkaji ulang instrumen, menyusun perangkat sementara instrumen, melakukan uji coba agar dapat diketahui, apakah instrumen itu dapat diadministrasikan, apakah setiap butir instrumen dapat dipahami orang yang di supervisi, dan mengetahui validitas dan reabilitas. Memperbaiki instrumen sesuai hasil uji coba, serta penataaan kembali perangkat instrumen untuk memperoleh data dan informasi-informasi yang akan digunakan.
Peran pengembangan instrumen supervisi guru Al-Qur’an dalam penjaminan mutupembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Depok sangatlah penting. Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam meningkatkan mutu sudah acapkali dilaksanakan di SIT Nurul Fikri oleh biro P3TK dibawah bidang SDMO SIT Nurul Fikri. Pengembangan yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil supervisi yang rutin dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap semesternya, baik itu yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal. Dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an, hasil supervisi dipantau dan diperiksa oleh tim penjamin mutu SIT Nurul Fikri dengan melakukan; Plan-Organizing-Actuating-Controlling (POAC). Dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dan pengembangan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan bertujuan memberikan kepuasan layanan pada stakeholders baik internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Jun 2025 09:12
Last Modified: 11 Jun 2025 09:12
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item
View Item