repository ptiq

Model Pendidikan Karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta

Maula, Fafika Hikmatul (2019) Model Pendidikan Karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Model Pendidikan Karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta] Text (Model Pendidikan Karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta)
2019-FAFIKA HIKMATUL MAULA-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model serta potensi dan hambatan pelaksanaan pendidikan karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang mana bisa mendeskripsikan suatu kejadian, dan bisa juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya, penelitian demikian disebut penelitian perkembangan (Developmental Studies).
Implementasi model pendidikan karakter Qur’ani di RA Labschool IIQ Jakarta telah berjalan cukup baik. Hal tersebut dapat terlihat dari pelaksanaannya yang telah dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kegiatan sehari-hari maupun kegiatan yang telah terprogram. Pilar-pilar pendidikan Qur’ani yang telah dilaksanakan di RA Labschool IIQ Jakarta di antaranya: Religius, Jujur, Disiplin, Peduli Lingkungan dan Sosial, Komunikatif, Mandiri dan Tanggung Jawab, serta Cinta tanah air. Yang mana dalam proses pelaksanaannya baik kepala sekolah, para guru dan seluruh stakholder telah berupaya memberikan keteladanan, kedisiplinan, nasehat, teguran, serta pengarahan kepada para siswa dengan harapan agar siswa senantiasa menyerap dan memahami nilai-nilai karakter yang sekolah tanamkan.
Ada beberapa potensi yang mendukung berlangsungnya pilar-pilar pendidikan karakter Qur’ani di RA Labschool IIQ Jakarta yakni: tempat yang strategis, serta didukung dengan misi sekolah yang memang konsentrasi mencetak generasi Qur’ani, serta dukungan para orang tua (wali murid), komitmen para guru untuk menjalankan pilar-pilar karakter Qur’ani, serta adanya kegiatan yang sudah menjadi budaya atau ciri khas sekolah.
Namun seperti halnya lembaga pada umumnya, RA Labschool IIQ Jakarta juga memiliki hambatan dalam melaksanakan pendidikan karakter Qur’ani di sekolah, salah satunya: keterbatasan komunikasi baik dari sesama guru maupun siswa sendiri, keterbatasan waktu serta SDM, sarana prasaran serta peran orang tua dalam mendidik para siswa di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 649. Mengasuh anak, perawatan di rumah bagi orang sakit dan penderita cacat > 649.7. Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 07 Sep 2021 05:53
Last Modified: 07 Sep 2021 05:53
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item