repository ptiq

Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Sekolah Alam Cikeas, Jawa Barat

Siti Karyati, Etty (2024) Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Sekolah Alam Cikeas, Jawa Barat. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-ETTY SITI KARYATI-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan komunikasi melalui Model Project Based Learning di SMP Sekolah Alam Cikeas dengan teknik wawancara dan observasi kepada sumber data yaitu kepala sekolah, guru terkait, dan peserta didik. Hasil penelitian membuktikan bahwa Model pembelajaran Project Based Learning yang dilakukan di SMP Sekolah Alam Cikeas telah sesuai dengan standar yang ideal. Penerapan PjBL di SMP Sekolah Alam Cikeas ditetapkan sebagai program sekolah yang didukung oleh semua stake holders baik manajemen, pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik. PjBL telah dijadwalkan dari sejak dimulainya tahun ajaran. PjBL mencakup penerapan semua mata pelajaran yang dikaitkan dengan masalah dunia nyata.
Model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi di SMP Sekolah Alam Cikeas. Model pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada peserta didik. Melalui kegiatan pembuatan proyek ini peserta didik diharapkan dapat menghasilkan produk yang dapat ditunjukkan atau dipresentasikan di hadapan orang lain. Kegiatan model pembelajaran Project Based Learning dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang pertama yaitu penentuan proyek. Dalam hal ini peserta didik harus menentukan tema atau topik proyek yang akan dikerjakan atau dibuat berdasarkan tugas yang diberikan oleh pendidik sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Selanjutnya adalah perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek. Peserta didik merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian proyek dari awal sampai akhir beserta pengelolaannya. Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek. Peserta didik di bawah pendampingan guru melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancang. Kemudian penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring pendidik. Pada tahap ini yang dilakukan adalah pengimplementasian rancangan proyek yang telah dibuat. Selanjutnya penyusunan laporan dan presentasi hasil proyek. Hasil proyek dalam bentuk produk, baik berupa karya tulis, karya seni, atau prakarya dipresentasikan kepada peserta didik lain. Evaluasi proses dan hasil proyek merupakan langkah terakhir yang dilakukan. Pendidik dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek peserta didik.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Model Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kamir Kamir
Date Deposited: 16 Aug 2025 07:06
Last Modified: 16 Aug 2025 07:06
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item
View Item