repository ptiq

Implementasi Kurikulum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School Tangerang Selatan

Lestari, Febriyani (2019) Implementasi Kurikulum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Implementasi Kurikulum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School Tangerang Selatan] Text (Implementasi Kurikulum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School Tangerang Selatan)
2019-FEBRIYANTI LESTARI-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu instrumen dalam mensukseskan pendidikan Islam Moderat adalah penyusunan kurikulumnya itu sendiri. Ada beberapa acuan penting yang harus dipertimbangkan dalam merumuskan kurikulum Islam moderat. Pertama, materi pengajaran harus menyasar semua dimensi ajaran Islam. Moderasi Islam berada dalam semua ajarannya dan saling terkait.ummatan washatan/washatiyah adalah terma yang diambil Al-Qur‟an yang memberikan gambaran moderasi dalam segenap ajaran Islam. Kedua, perlu diberi penegasan tentang di ruang-ruang publik mana saja Islam Moderat memberikan tempat bagi sikap toleran. Islam tidak saja mengajarkan ruhama (kelembutan, kesantunan, dan toleransi), tetapi juga asyidda‟ (ketegasan terhadap deviasi).
Penyusunan materi yang komprensif ini harus disertai dengan strategi pembelajaran yang tepat dan menyentuh semua level pendidikan, baik di lembaga formal maupun informal. Sikap moderat dan toleran sejatinya bahkan diajarkan kepada seseorang semenjak usia dininya. Kurikulum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School yaitu dalam mengintegrasikan kurikulum Nasional, kurikulum Internasional dan kurikulum Al-Azhar sehingga menghasilkan nilai-nilai Islam Moderat yang seimbang di dalamnya, Dalam memperkuat nilai-nilai Islam Moderat diterapkanya Hidden curriculum, Hidden Curriculum di SD Syafana Islamic School terlihat dalam kegiatan belajar mengajar (kbm) dan dari luar kegiatan belajar mengajar (non kbm). Hidden Curriculum Islam Moderat di SD Syafana Islamic School cukup efektif pada pembentukan karakter peserta didik yang sesuai dengan visi misi sekolah yaitu ideologi Islam Moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.35. Pendidikan Islam--Kurikulum
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:56
Last Modified: 08 Sep 2021 06:56
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item