Fawwaz, Hadi (2019) Pengaruh Pemahaman Pendidikan Karakter dan Nilai Spiritual terhadap Akhlak Siswa di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-HADI FAWWAZ-2015.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Nurul Fikri, Cimanggis, Depok dengan tujuan untuk menganalisis sejauhmana pengaruh pendidikan karakter dan nilai spirilual secara bersama-sama terhadap akhlak siswa SMP Islam Terpadu Nurul Fikri. Berdasarkan hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendidikan Karakter dengan Akhlak Siswa SMPIT Nurul Fikri, Cimanggis, Depok.
Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh (ry.1) sebesar 0,616 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel Pendidikan Karakter (X1) dan variabel Akhlak Siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai ry.1 mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,616, yang berarti bahwa Pendidikan Karakter dapat memberikan pengaruh sebesar 61,6 % terhadap Akhlak Siswa dan sisanya yaitu 38,4 % ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan garis regresinya Ŷ =- Ŷ =-16.119+0,813X1.
Dengan demikian apabila pengaruh Pendidikan Karakter(X1) naik satu unit skor maka Akhlak Siswa akan naik sebesar 0,813. Selanjutnya juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Nilai Spiritual dengan Akhlak Siswa SMPIT Nurul Fikri, Depok. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh (ry.1) sebesar 0,554 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel nilai spiritual (X2) dan variabel akhlak siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai ry.1 mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,531, yang berarti bahwa Nilai Spiritual dapat memberikan pengaruh sebesar 76,9% terhadap Akhlak Siswa dan sisanya yaitu 46,9 % ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan garis regresinya Ŷ =-11.222+0,673 X2. Dengan demikian apabila pengaruh Nilai Spiritual (X2) naik satu unit skor maka Akhlak Siswa akan naik sebesar 0,673.
Hasil analisis juga menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendidikan Karakter dan Nilai Spiritual secara bersama-sama dengan Akhlak Siswa SMPIT Nurul Fikri, Depok. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh (Ry.1.2) sebesar 0,877 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel Pendidikan Karakter (X1), Nilai Spiritual (X2) dan variabel Akhlak Siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai ry.
mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,769 yang berarti bahwa Pendidikan Karakter dan Nilai Spiritual dapat memberikan pengaruh sebesar 76,9 % secara bersama-sama terhadap Akhlak Siswa dan sisanya yaitu 23,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan garis regresinya Ŷ=-63.679+ 0,554 X1+ 0,446X2. Dengan demikian apabila pengaruh Pendidikan Karakter (X1) dan Nilai Spiritual (X2) naik satu unit skor secara bersama-sama maka Akhlak Siswa (Y) akan naik sebesar 1,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X5. Akhlaq dan Tasawuf > 2X5.1. Akhlak, Akhlaq 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 08:28 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 08:28 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/188 |