Arifin, Muhammad (2022) Rekonseptualisasi Kurikulum dalam Upaya Membentuk Sikap Mandiri dan Sikap Sosial pada Generasi Alpha Perspektif Al-Quran. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-MUHAMMAD ARIFIN-2018.pdf - Accepted Version
Download (996kB)
Abstract
MUHAMMAD ARIFIN 182520107, Rekonseptualisasi Kurikulum Dalam Upaya Membentuk Sikap Mandiri dan Sikap Sosial Pada Generasi Alpha Perspektif Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kurikulum Pembentukan Sikap Mandiri dan Sikap Sosial pada Generasi Alpha dari perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sehingga data dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis, meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memberikan gambaran mendalam mengenai implementasi kurikulum dan relevansinya dalam membentuk sikap mandiri serta sosial peserta didik.
Dalam rangka mendapatkan data yang akurat untuk mendukung penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik menelusuri dan menganalisis buku-buku sumber, jurnal dan tafsir ayat Al-Qur’an yang diuraikan dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, dalam pengembangan kurikulum Pembentukan Sikap Mandiri dan Sikap Sosial tugas guru harus memasukkan aspek aqidah, ibadah dan akhlak yang termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-luqman.
Kedua, dalam pengimplementasian kurikulum Pembentukan Sikap Mandiri dan Sikap Sosial guru perlu mengedepankan praktik daripada hanya sebatas penyampaian teori. Praktik langsung dengan cara pembiasaan yang akan menjadi budaya sekolah serta ketauladanan, hal itu perlu karena aspek sikap merupakan aspek yang harus diperbaiki dengan ketauladanan atau contoh.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
| Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Kamir Kamir |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 10:47 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 10:47 |
| URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1885 |
