repository ptiq

E-Commerce dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasi pada Perekonomian di Era 4.0

Arif, Zainal (2023) E-Commerce dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasi pada Perekonomian di Era 4.0. Doctoral thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Disertasi] Text (Naskah Disertasi)
2023-ZAINAL ARIF-2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disertasi ini menyimpulkan bahwa E-Commerce berdasarkan perspektif Al-Qur’an merupakan mekanisme jual beli di internet, pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. Konsep E-Commerce berdasarkan perspektif Al-Qur’an tidak melarang kegiatan apapun yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi asal berpedoman dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip yang telah digariskan Al-Qur-an dan Hadist. Implementasinya membolehkan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman era 4.0 yang selalu dinamis. Konsumen yang ingin melakukan transaksi E-Commerce harus jeli dan teliti apakah produk yang ditawarkan sudah memenuhi standar halal yang dilegalkan oleh lembaga resmi negara yang berwenang. Jadi hal yang harus diperhatikan jika konsumen ingin berbelanja melalui market place seperti Lazada, Shoppe, Bukalapak terlebih dahulu harus membaca terms and condition dari market place tersebut.
Kesimpulan disertasi peroleh dengan cara pertama merujuk makna E- Commerce, tijârah, ba’i, iqtishâd dan Syira’, dan pilar pilar dalam ekonomi merujuk surat Al-Baqarah ayat 275 meliputi: sektor riil, sektor moneter dan sektor filantropi, sedangkan prinsip-prinsip ekonomi meliputi: Tauhid, Kemanusian, Keadilan, Kebaikan, Kebebasan dan Tanggung Jawab. Kedua, dengan menggunakan pendekatan tafsîr al-maudhû’î nilai nilai Al-Qur’an etos dan semangat dalam mengerakkan dan mempengaruhi ekonomi masyarakat, disertasi ini memperkaya sosiologi ekonomi yang hubunganya dengan E-Commerce baik secara teoritis maupun metodologis. Desertasi ini memiliki kesamaan pandangan dengan pendapat teori Max Weber tentang spirit agama mempengaruhi ekonomi masyarakat, dalam hal ini adalah implementasi E-Commerce dalam perekonomian di era 4.0 nilai dan dan spirit Al-Qur’an menjadi rujukan dalam bermuamalah sebagaimana yang dikemukankan oleh Yusuf Qordhowi. Dari segi Pengembangan yang sistematis dengan latar belakang ekonomi tentang prinsip-prinsip ekonomi dalam E-Commerce. Naqvi mendefinisikan ilmu ekonomi Islam adalah kajian tentang perilaku ekonomi orang Islam representatif dalam masyarakat muslim modern. Disertasi juga memiliki perbedaannya Ahmadi melakukan penelitian dengan judul Pengaruh E-Commerce, Promosi Penjualan, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif bahwa E-Commerce promosi penjualan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap gaya hidup. E-Commerce perspektif Al-Qur’an melarang umatnya berlebih-lebihan.
Secara teoritis, menjadi lebih memahami hubungan antara pentingnya nilai-nilai agama dalam mempengaruhi ekonomi masyarakat. Analisis terfokus pada kajian tematik Al-Qur’an dalam mengolah dan menganalisis data khususnya terhadap sumber data primer adalah metode tafsîr al-maudhû’î dengan beberapa modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Rumusan moral dan nilai dalam Al-Qur’an dapat dijadikan aksioma nilai nilai ekonomi dalam E-Commerce mampu memberikan arahan bagi manusia dalam menggerakkan dan pemberdayaan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan ekonominya serta pentingnya nilai-nilai agama dalam mempengaruhi ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200. Agama
200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Kamir Kamir
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:55
Last Modified: 14 Oct 2025 06:55
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item
View Item