Roswaidah, Roswaidah (2025) Manajemen Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Kelas Tahfizh pada Pondok Pesantren Al-Hayah di Jakarta Timur. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.
2025-ROSWAIDAH-2021.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
ROSWAIDAH, NIM: (212520076), Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Kelas Tahfizh Di Pondok Pesantren Al-Hayah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis manajemen guru dalam meningkatkan kompetensi pengelolaan kelas tahfizh di Pondok Pesantren Al-Hayah Jakarta Timur. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen mendalam dengan pimpinan pesantren, Qismul Quran dan guru tahfizh, serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen guru dalam meningkatkan kompetensi pengelolaan kelas tahfizh di Pondok Pesantren Al-Hayah dilakukan melalui pelatihan metodologi, supervisi lapangan, pembinaan karakter, mentoring sejawat, dan forum musyawarah. Namun, upaya-upaya tersebut masih bersifat insidental dan belum terstruktur secara sistemik, sehingga dampaknya belum merata. Strategi yang diterapkan sudah mencakup pembinaan spiritual, evaluasi berkala, serta pendampingan oleh Qismul Qur’an, namun masih perlu diperkuat dari sisi struktur, dokumentasi, dan kesinambungan. Beban kerja guru yang tinggi juga menjadi kendala tersendiri. Meski demikian, guru yang mendapat dukungan dan pembinaan menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan kelas, kedisiplinan santri, dan suasana belajar yang kondusif. Hal ini menandakan bahwa manajemen guru yang baik memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan tahfizh secara keseluruhan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen guru yang adaptif dengan konteks budaya pesantren dan berbasis nilai spiritual dapat menjadi alternatif strategi peningkatan kompetensi pengelolaan kelas tahfizh, terutama dalam kondisi terbatasnya akses terhadap pelatihan formal. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan sistem pelatihan berkelanjutan yang terintegrasi dengan budaya lokal pesantren serta penguatan supervisi akademik yang terstruktur.
Kata Kunci: Manajemen Guru, Kompetensi Pengelolaan Kelas, Tahfizh Al-Qur’an, Pesantren
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
| Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Kamir Kamir |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 11:40 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 11:40 |
| URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1891 |
