repository ptiq

Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Penilaian Kinerja dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Empirik menggunakan Sequential Explanatory Methods pada Guru TK Islam Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur)

Haeronih, Haeronih (2025) Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Penilaian Kinerja dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Empirik menggunakan Sequential Explanatory Methods pada Guru TK Islam Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur). Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2025-HAERONIH-2023.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Haeronih: Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Manajemen Penilaian Kinerja Dan Kompetensi Profesional Guru. Studi Empirik menggunakan Sequential Explanatory Methods Pada Guru TK Islam Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan kontribusi dari Manajemen Penilaian Kinerja dan Kompetensi Profesional Guru baik secara parsial maupun simultan dalam meningkatkan Mutu Sekolah di TK Islam Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Penelitian ini tergolong jenis penelitian campuran (Mix Method) dengan pendekatan sequential explanatory, dimana hasil penelitian data kuantitatif diklarifikasi dan dikonversi dengan hasil penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 68 orang guru di TK Islam Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T parsial dan Uji F simultan dalam dregresi linear berganda. Adapun Kesimpulan dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen penilaian kinerja guru terhadap peningkatan mutu sekolah dengan besarnya pengaruh 31,1% sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Pengaruh Manajemen penilaian kinerja guru tersebut terlihat pada peningkatan kualititas pembelajaran, prestasi siswa, kepuasan guru dan orangtua serta adanya upaya perbaikan manajemen sekolah.
Kedua Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap mutu sekolah, dengan besarnya pengaruh 20,3% sedangkan sisanya 79,7 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kompetensi profesional guru yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik siswa, menguasai dan mampu memanfaatkan teori belajar, kemampuan pengembangan kurikulum sekolah, penerapan pembelajaran yang mendidik, kemampuan pengembangan potensi peserta didik, terampil berkomunikasi dan kemampuan melakukan penilaian dan evaluasi belajar telah memberikan pengaruh terhadap mutu sekolah.
Ketiga Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen penilaian kinerja guru dan kompetensi profesional guru secara simultan terhadap mutu sekolah, dengan besarnya pengaruh 38,3% sedangkan sisanya 61,7% dipengaruhi faktor lainnya. Manajemen penilaian kinerja dan kompetensi profesional guru setelah dilakukan pengamatan dan wawancara maupun study dokumen secara bersama-sama dapat meningkatan mutu sekolah secara signifikan.
Kata Kunci: Mutu Sekolah, Penilaian Kinerja, Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kamir Kamir
Date Deposited: 25 Oct 2025 01:45
Last Modified: 25 Oct 2025 01:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item
View Item