repository ptiq

Model Pembelajaran Toleransi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 35 Jakarta

Muzaeni, Akhmad (2024) Model Pembelajaran Toleransi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 35 Jakarta. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-AKHMAD MUZAENI-2021.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Akhmad Muzaeni: “Model Pembelajaran Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk 35 Jakarta”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembejaan Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidiakan Agama Islam di SMK 35 Jakarta yang meliputi Model Pembelajaran, Toleransi, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pengertian Model Pembelajaran, Macam-macam Toleransi, Apa Arti Pendidikan Agama Islam.
Melalui penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan Model Pembejaan Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidiakan Agama Islam di SMK 35 Jakarta. Penerapan tentang toleransi di SMK 35 Jakarta sangat di wajibkan untuk di terapkan, karena materi tentang Toleransi di bahas dalam mata pelajaran agama Islam.
Model pembejaan toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah pendekatan yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang mampu menghargai, menghormati, dan menjalankan toleransi antar umat beragama. Model ini dikembangkan dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman tentang toleransi agama dalam konteks Islam. Pada model ini, pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah mengkaji prinsip-prinsip Islam yang menjadi dasar bagi toleransi. Peserta didik akan mempelajari ajaran-ajaran agama Islam yang menjunjung tinggi kasih sayang, saling menghormati, dan menghargai perbedaan yang ada sekolahan tersebut. Metode yang digunakan dalam model ini adalah kombinasi antar siswa, Atar pendidik, dan penelitian mandiri.
Hasil yang diharapkan dari model ini adalah peserta didik yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai toleransi dalam agama Islam. Mereka diharapkan mampu mengaplikasikan dan menjalankan prinsip-prinsip toleransi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat luas. Selain itu, model ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif peserta didik terhadap umat beragama lain, sehingga tercipta suasana harmoni dan kerukunan dalam kehidupan beragama di masyarakat.

Kata Kunci Model, Pembelajaran Toleransi, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kamir Kamir
Date Deposited: 25 Oct 2025 03:17
Last Modified: 25 Oct 2025 03:17
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item
View Item