repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Disiplin Guru di SD Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan

Riyani, Lia (2019) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Disiplin Guru di SD Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Disiplin Guru di SD Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan] Text (Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Disiplin Guru di SD Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan)
2019-LIA RIYANI-2016.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya kerja terhadap disiplin guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari obyek penelitian yaitu para guru di SD Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 66 responden dari 66 populasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi yangg dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat hubungan positif, yang cukup kuat dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan disiplin guru, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sederhana (ry.1) adalah 0,408 (korelasi cukup kuat) dan koefisien determinasi (R2) = 0,166, yang berarti bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah memberikan kontribusi terhadap disiplin guru sebesar 16,6% dan sisanya yaitu 84,4% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresi sederhana Ŷ = 84,035+ 0,265X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi manajerial kepala sekolah akan memberikan kecendrungan terhadap peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,265
Kedua, Terdapat hubungan positif, cukup kuat dan signifikan antara budaya kerja dengan disiplin guru, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sederhana (ry.2) adalah 0,321 (korelasi cukup kuat) dan koefisien determinasi (R2) = 0,103, yang berarti bahwa budaya kerja memberikan kontribusi terhadap disiplin guru sebesar 10,3% dan sisanya yaitu 89,7% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresi sederhana Ŷ = 90,235+ 0,219X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor budaya kerja akan memberikan kecendrungan terhadap peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,219
Ketiga, Terdapat hubungan positif, cukup kuat dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya kerja secara bersama-sama dengan disiplin guru, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry.1.2) adalah 0,470 (korelasi cukup kuat) dan koefisien determinasi (R2) = 0,221, yang berarti bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya kerja secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap disiplin guru sebesar 22,1% dan sisanya yaitu 77,9% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresi ganda Ŷ = 67,367 + 0,230X1 + 0,164X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya kerja secara bersama-sama akan memberikan kecendrungan terhadap peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,394

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 11 Sep 2021 03:42
Last Modified: 11 Sep 2021 03:42
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item
View Item