Mardani, Mardani (2019) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling terhadap Perilaku Sosial Siswa SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-MARDANI-2017.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan Pendidikan agam Islam dan Bimbingan Konseling terhadap Perilaku sosial siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei,dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel diambil dari populasi sebanyak 118 dari total 167 populasi Siswa SMP PLUS BLM Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan agama Islam terhadap Perilaku sosial siswa di SMP PLUS BLM Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasi sebesar 0,137 (korelasi rendah) dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,19 artinya besarnya pengaruh sebesar 1,9%. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 112,870 + 0,126 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit Pendidikan agama Islam akan mempengaruhi peningkatan skor Perilaku sosial siswa 0,126.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Bimbingan konseling terhadap Perilaku sosial siswa di SMP PLUS BLM Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasisebesar 0,764 (korelasi tinggi) dan koefisien determinasi R2sebesar 0,583 artinya besarnya pengaruh sebesar 58,3%. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 44,472 + 0,652 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan Bimbingan konseling akan mempengaruhi peningkatan skor Perilaku sosial siswa sebesar 0,652.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikanPendidikan agama Islam dan Bimbingan konseling secara bersama-sama terhadap Perilaku sosial siswa di SMP PLUS BLM Tangerang Selatan. Hal ini dilihat dari hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,587 artinya besarnya pengaruh sebesar 58,7%. Regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 38,629+ 0,054X1 + 0,647X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Pendidikan agama Islam dan Bimbingan konseling akan mempengaruhi peningkatan skor Perilaku sosial siswa sebesar 0,701.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4. Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 11 Sep 2021 04:05 |
Last Modified: | 11 Sep 2021 04:05 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/194 |