repository ptiq

Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Penerapan Konsep Sekolah Ramah Anak terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere, Depok)

Ripai, Muazzikin (2019) Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Penerapan Konsep Sekolah Ramah Anak terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere, Depok). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Penerapan Konsep Sekolah Ramah Anak terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere, Depok)] Text (Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Penerapan Konsep Sekolah Ramah Anak terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere, Depok))
2019-MUAZZIKIN RIPAI-2015.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh antara Gerakan Literasi Sekolah dan penerapan konsep Sekolah Ramah Anak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Miftahul Ulum. Dalam penelitian ini penulis telah menemukan teori-teori untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang definisi dan konsep yang berkaitan dengan konsep Gerakan Literasi Sekolah, Konsep penerapan Sekolah Ramah Anak, serta konsep hasil belajar siswa. Dalam perumusan masalah ditemukan: 1) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah terhadap hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum? 2) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan konsepSekolah Ramah Anak terhadap hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum? 3) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dan penerapan konsep Sekolah Ramah Anak secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum?
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi dan analisis sederhana dan ganda. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah responden 91 pada kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif, koefisien korelasi, analisis sederhana dan ganda
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,772 (korelasi liner postif mendekati nilai +1 atau positif 1) dan koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square 59,6%. Persaman regresi sederhana menunjukkan nilai Ŷ =-14,603+0,803X1. Setiap peningkatan satu skor Gerakan Literasi Sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 0,803. Kedua; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan konsep Sekolah Ramah Anak dengan hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum Depok, hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,450 (korelasi liner postif mendekati nilai +1 atau positif 1) dan koefisisen R square sebesar 45% persamaan regresi sederhana menunjukkan nilai Ŷ=-10,572+0,698X2 setiap peningkatan satu skor penerapan konsep Sekolah Ramah Anak mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 0,698. Ketiga; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dan penerapan konsep Sekolah Ramah Anak secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SDIT Miftahul Ulum Depok, hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,877 (korelasi liner postif mendekati nilai +1 atau positif 1) dan koefisisen determinasi R square sebesar 77% persamaan regresi sederhana menunjukkan nilai Ŷ=-55,672+ 0,632X1+0,476X2. Setiap peningkatan satu skor Gerakan Literasi Sekolah dan penerapan konsep Sekolah Ramah Anak secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 1,108.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 207.5. Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 11 Sep 2021 08:07
Last Modified: 11 Sep 2021 08:07
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item