Amin, Muh. (2019) Penerapan Nilai-Nilai Hak Asasi Manusia dalam Pendidikan Pesantren Al-Ihsan Pondok Cabe. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-MUH. AMIN-2015.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Al-Qur’an sebagai petunjuk dan tuntunan hidup umat Islam, telah mengatur segala tatanan nilai kehidupan yang menjadi hak asasi setiap orang. Hal ini dapat dibuktikan dengan keterangan dari firman Allah SWT (QS. Al-Hujarât/ 49: 13), (QS. Al-A’râf/ 7: 29), (QS. Al-Hadîd/ 57: 25).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai hak asasi manusia dalam pendidikan pesantren al-Ihsan Pondok Cabe. Dalam penelitian ini, membahas tentang penerapan nilai-nilai HAM berdasarkan prinsip-prinsip HAM dan konsep theosentris yang dapat melahirkan sikap dan pandangan anthroposentris.
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pesantren al-Ihsan Pondok Cabe telah menempatkan prinsip equality dan justice sebagai dasar dan landasan dalam mengelola sistem pendidikan sekaligus mengembangkan eksistensi pesantren. Kedua prinsip ini belum sepenuhnya dapat diterapkan sebagaimana mestinya namun beberapa kebijakan mengindikasikan adanya upaya yang serius dari pihak lembaga dalam menerapkan kedua prinsip tersebut. Hal ini dapat dibuktikan melalui kebijakan-kebijakan pesantren terkait penerimaan santri baru, penempatan pemondokan (asrama) santri, kegiatan belajar mengajar, menetap (muqîm) di pesantren, dan penegakan tata tertib pesantren. Di samping itu, pesantren al-Ihsan Pondok Cabe, menerapkan nilai-nilai hak asasi manusia berdasarkan konsep theosentris yang mengandung ide persamaan dan persaudaraan seluruh manusia, dengan mengintegrasikan nilai-nilai HAM dalam sistem pendidikan melalui pola pendidikan, pola kepemimpinan, dan pola hubungan sosial.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (studi kasus), karena penelitian ini dimaksudkan untuk memahami kondisi objektif pesantren al-Ihsan Pondok cabe terkait dengan penerapan nilai-nilai hak asasi manusia dalam pendidikan pesantren. Sumber data primer diambil dari kondisi objektif pesantren al-Ihsan Pondok Cabe, sementara beberapa buku yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian ini sebagai sumber data skunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X4. Fiqih, Hukum Islam > 2X4.7. Hukum Internasional Islam > 2X4.732. Hak Asasi Manusia menurut Islam, HAM menurut Islam 2X4. Fiqih, Hukum Islam > 2X4.7. Hukum Internasional Islam > 2X4.732. Hak Asasi Manusia menurut Islam, HAM menurut Islam 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 11 Sep 2021 08:37 |
Last Modified: | 11 Sep 2021 08:37 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/197 |