repository ptiq

Pengaruh kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten

Mutmainah, Mutmainah (2019) Pengaruh kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten] Text (Pengaruh kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten)
2019-MUTMAINAH-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan Kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 76 responden atau menggunakan seluruh jumlah populasi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama,Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Sosial Guru terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasisebesar 0,303 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,092. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=56,799 + 0,243 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Kompetensi Sosial Guru akan mempengaruhi peningkatan skor Iklim Belajar sebesar 0,243.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r)sebesar 0,068 dan koefisien determinasi R2sebesar 0,005. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=74,991 + 0,048 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu Pola Asuh Orang Tua akan mempengaruhi peningkatan skor Iklim Belajar sebesar 0,048.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua secara bersama-sama terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh koefisien determinasi R2sebesar 0,319 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=50,106 + 0,253X1 + 0,073 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit Kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua akan mempengaruhi peningkatan skor Iklim Belajar sebesar 0,326.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 306. Kebudayaan & Pranata > 306.874. Orang Tua
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 14 Sep 2021 09:57
Last Modified: 14 Sep 2021 09:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item