repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa LP3I Jakarta Kampus Depok

Adawiyah, Robiatul (2019) Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa LP3I Jakarta Kampus Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa LP3I Jakarta Kampus Depok] Text (Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa LP3I Jakarta Kampus Depok)
2019-ROBIATUL ADAWIYAH-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 responden atau menggunakan seluruh jumlah populasi mahasiswa semester 3 LP3I Jakarta Kampus Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi. Teknik analisa data yang di gunakan menggunakan model analisis dekriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Profesional Dosen terhadap Hasil Belajar Mahasiswa LP3I Jakarta Kampus Depok. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasi sebesar 0,394 dan koefisien determinasi R2sebesar 0,155. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi 23,327+ 0,379 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Kompetensi Profesional akan mempengaruhi Hasil Belajar sebesar 0,379.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat belajar terhadap Hasil Belajar di LP3I Jakarta Kampus Depok. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,342 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,117. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 21,548 + 0,421 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan minat belajar akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar sebesar 0,421.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Belajardan minat belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar di kampus LP3I Jakarta Kampus Depok. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh koefisien determinasi R2sebesar 0,410 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 36,437+0,187 X1+ 0,285 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Kompetensi Profesionaldan Minat belajar akan mempengaruhi prestasi akademik sebesar 0,472.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.77. Pendidikan Agama Islam
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:29
Last Modified: 15 Sep 2021 07:29
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item