Nurrahmaniah, Nurrahmaniah (2019) Pengaruh Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Jakarta (Studi Empirik pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-NURRAHMANIAH-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan Manajemen Waktu (Time Management)dan Minat Belajar terhadap prestasi akademik secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 78 responden atau menggunakan seluruh jumlah populasi mahasiwa manajemen pendidikan Islam STAI Darunnajah Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama,Terdapat pengaruh positif dan signifikan Manajemen Waktu (Time Management) terhadap Prestasi Akademik di STAI Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasisebesar 0,326 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,107. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=30,692+0,309 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Manajemen Waktu (Time Management) akan mempengaruhi peningkatan skor Prestasi Akademik sebesar 0,309.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikanminat belajar terhadap prestasi akademik di STAI Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasisebesar 0,232 dan koefisien determinasi R2sebesar 0,054. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=35,568+0,266X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu minat belajar akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi akademik sebesar 0,266.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikanManajemen Waktu (Time Management) dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi akademik di STAI Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh koefisien determinasi R2sebesar 0,359 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=17,047+0,269X1+0,178 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit Manajemen Waktu (Time Management) dan minat belajar akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi akademik sebesar 0,447.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 650. Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:47 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:47 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/204 |