repository ptiq

Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan

Iskandar, Rudi (2019) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan] Text (Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan)
2019-RUDI ISKANDAR-2017.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pendidikan agama islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kedisiplinan beragama siswa SMA islam sinar cendekia. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 122 responden dari total 174 responden siswa SMA islam sinar cendekia tangerang selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2019 – 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tekhnik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang djabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama,Hasil penelitian membuktikan bahwaterdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara pendidikan agama islam dalam keluarga terhadap kedisilina beragama dengan koefisien korelasi(r) sebesar 0,864 dan koefisien determinasi (R2) = 0,746. Artinya pendidikan agama islam dalam keluarga dapat mempengaruhi kedisiplinan beragama sebesar 74,6 %. Sedangkan arah pengaruh ditunjukan dengan melalui persamaan regresiŶ = 23,882 + 0,957 X1artinya setiap peningkatan 1 unit skor pendidikan agama islam akan mempengaruhi peningkatan skor kedisiplinana beragama sebesar = 0,957.
Kedua,Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya religius sekolah terhadap kedisiplinan beragama dengan koefisien korelasi(r) sebesar 0,919 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,845. Artinya budaya religius sekolah dapat mempengaruhi kedisiplinan beragama sebesar 84,5 %. Sedangkan arah pengaruh ditunjukan dengan melalui persamaan regresi Ŷ= 23,882+0,844X2artinya setiap peningkatan 1 unit skor budaya religius sekolah akan mempengaruhi peningkatan skor kedisiplinan beragama sebesar = 0,844.
Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan agama islam dala keluarga dan budaya religius sekolah secara bersama-sama terhadap kedisiplinan beragama dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,935 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 87,4 %.Arah pengaruh ditunjukan dengan melalui persamaan regresi gandaŶ=17,835+0,281X1+0,603X2dan koefis-ien korelasi ganda ry.12 =0,861 dan koefisien determinasi sebesar ry.122 = 0,884.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.77. Pendidikan Agama Islam
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:02
Last Modified: 15 Sep 2021 08:02
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item