Syefudin, Syefudin (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-SYEFUDIN-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data empirik terkait pengaruh layanan akademik dan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa secara terpisah maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskiptif dengan menggunakan metode survei, observasi, dan studi dokumenter. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasional dengan analisis regresi sederhana serta analisis regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Sampel sebanyak 100 mahasiswa diambil dari populasi 144 mahasiswa pascasarjana Institut PTIQ Jakarta jurusan manajemen pendidikan islam tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,530 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,281. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi , yang berarti bahwa setiap peningkatan satu skor gaya layanan akademik akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan mahasiswa sebesar 0,465.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,487 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,237. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi , yang berarti bahwa setiap peningkatan satu skor kinerja dosen akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan mahasiswa sebesar 0,376.
Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan akademik dan kinerja dosen secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa pascasarjana institut PTIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien (r) sebesar 0.552 dan koefesien determinasi R2 sebesar 0,305 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi yang berarti bahwa setiap peningkatan satu skor layanan akademik dan kinerja dosen akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan mahasiswa sebesar 0,497.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 378. Pendidikan Tinggi, Unversitas > 378.598. Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:37 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/209 |