repository ptiq

Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan

Vidiawati, Vivin (2019) Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan] Text (Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan)
2019-VIVIN-VIDIAWATI-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi program literasi dan capaian-capaiannya di MIN 4 Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Kegiatan ini untuk mendukung program Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah, sebagaimana tercermin dalam Permendikbud no. 23 tahun 2015 tentang Pendidikan Budi Pekerti yang diwujudkan melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah dari jenjang dasar sampai sekolah menengah.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi program literasi di MIN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan diwujudkan dengan melaksanakan beberapa program, antara lain: penggadaan perpustakaan, taddarus Juz Amma, reading corner, majalah dinding, komunitas penulis cilik, komunitas wartawan cilik, penerbitan karya siswa, dinding kelas edukatif, dan aktifitas membaca buku bersama. (2) Adapun faktor pendukung program ini adalah: partisipasi komunitas sekolah, antusiasme siswa yang tinggi, bantuan dari pihak swasta, lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan dari orang tua siswa.
Sedangkan tantangan program ini antara lain: rendahnya kualitas dan keterlibatan semua guru terhadap program literasi, dukungan dari satuan pendidikan yang belum maksimal, kurangnya waktu untuk peningkatan kapasitas para stockholder madrasah, dan tidak adanya pustakawan yang bertugas khusus menjaga perpustakaan. (4) Karena itu, solusi untuk mengatasi masalah implementasi program literasi di MIN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan yaitu: mengadakan workshop khusus untuk guru berkaitan dengan enam dimensi literasi, peningkatan kapasitas anak lebih dari sekedar baca-tulis, serta rekrutmen staf sebagai pengurus perpustakaan selama belum adanya pustakawan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memahami dan mengobservasi fenomena dan obyek tentang apa yang terjadi, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualiatif dan penguunaan skala likert untuk mengukur capain program.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
400. Bahasa > 418. Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia > 418.04. Membaca
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:26
Last Modified: 04 Oct 2021 08:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item