repository ptiq

Pengembangan Keterampilan Soft Skill dalam Aktualisasi Diri pada Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam (Studi Pada STAI Nurul Iman–Parung Bogor)

Fitriyani, Laela (2018) Pengembangan Keterampilan Soft Skill dalam Aktualisasi Diri pada Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam (Studi Pada STAI Nurul Iman–Parung Bogor). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengembangan Keterampilan Soft Skill dalam Aktualisasi Diri pada Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam (Studi Pada STAI Nurul Iman–Parung Bogor)] Text (Pengembangan Keterampilan Soft Skill dalam Aktualisasi Diri pada Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam (Studi Pada STAI Nurul Iman–Parung Bogor))
2018-LAELA FITRIYANI-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan dan keberhasilan seseorang dalam berbagai sisi kehidupannya tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan akademik dan kemampuan teknis (hard skill) saja. Tetapi lebih kepada kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft Skill).
Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Patton yang menyatakan “ para ahli psikologi sepakat bahwa IQ hanya menyumbang sekitar 20 % dari faktor-faktor yang menentukan suatu keberhasilan, 80 % sisanya berasal dari faktor lainnya, termasuk apa yang dimaksud dengan kecerdasan emosional”. Kemudianberdasarkan buku The Lessons From The Top yang ditulis oleh Thomas J. Neff dan James M. Citrin, yang mengatakan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh 80-90 % soft skills dan hanya 10-20 % saja oleh hard skills.Kemudian hasil kajian Depdiknas RI pada tahun 2009 juga menyatakan hal yang sama, bahwa kesuksessan seseorang dalam pendidikan 85% ditentukan oleh attitude. Hasil dari penelitian ini menyebutkan proses penyelenggaraan pengembangan keterampilan soft
Skill pada peserta pengabdian di STAI Nurul Iman Rapih dan terorganisir dengan sistem yang unik, out put yang dihasilkan mampu mengaktualisasikan dirinya, sebab proses pendidikan yang berlangsung lama, tersistem dan berkesinambungan. Serta ada beberapa kendala dan solusi yang dipaparkan di bab IV.
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi (phenomenology). Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. kemudian keabsahan datanya meggunakan teknik triangulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.07. Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.39598. Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 08 Oct 2021 08:40
Last Modified: 08 Oct 2021 08:40
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item