repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Kecamatan Parung Kabupaten Bogor

Jalil, Abdul (2018) Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Kecamatan Parung Kabupaten Bogor] Text (Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Kecamatan Parung Kabupaten Bogor)
2018-ABDUL JALIL-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait Pengaruh Kompetensi Kepribadian Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap datadata kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Desa Warujaya Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 144 responden dari total populasi 1435 Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Al Ashriyyah Nurul Iman Desa Warujaya Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,815, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,664 yang berarti bahwa Kompetensi Kepribadian memberikan pengaruh terhadap moral siswa sebesar 66,4% dan berarti sisianya 33,6% ditentukan oleh factor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi diproleh Ŷ = 15,456 + 0,888 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi kepribadian mempengaruhi peningkatan skor moral siswa sebesar 0,888. Kedua, Terdapat pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,780, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,608 yang berarti bahwa kompetensi kepribadian memberikan pengaruh terhadap moral siswa sebesar 60,8 % dan sisanya yaitu 39,2 % ditentukan oleh faktor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi Ŷ= 13, + 0,913 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi kepribadian mempengaruhi peningkatan skor moral siswa sebesar 0,913 Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru secara bersama- sama dengan moral siswa dengan koefisen korelasi = 0,824 dan koefesien determinasi R2 sebesar 0,678 yang memberikan pengaruh secara bersamaan dengan moral siswa sebesar 67,8% dan sisanya yaitu 33,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 9,283 + 0,632 X1+ 0,308 X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor independen kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor moral siswa sebesar 0,632 + 0,308 = 0,940.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.12. Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 10 Oct 2021 07:10
Last Modified: 10 Oct 2021 07:10
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item
View Item