repository ptiq

Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru (Studi di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor)

Asnawi, Asnawi (2018) Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru (Studi di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru (Studi di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor)] Text (Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru (Studi di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor))
2018-ASNAWI-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh komitmen organisasi dan kompetensi professional guru terhadap kinerja guru terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang di peroleh dari objek penelitian yaitu guru-guru SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 82 responden dari total populasi 103 guru SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,682 Dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,465 Yang memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 46,5% dan sisanya 53,5% Ditentukan oleh faktor lainnya. Koefisien regresi diperoleh Ŷ = 35.289 + 0,743X1 Artinya setiap peningkatan satu unit skor komitmen organisasi mempengaruhui peningkatan skor kinerja guru sebesar0,743 (korelasi kuat). Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,729 Dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,532 Yang memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 53,2% dan sisanya 46,8% Ditentukan oleh faktor lainnya. Koefisien regresi diperoleh Ŷ = 29.125 + 0,784X2 Artinya setiap peningkatan satu unit skor kompetensi professional peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,784 (korelasi sangat kuat). Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,797 Dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,636 Yang memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 63,6% dan sisanya 36,4% Ditentukan oleh faktor lainnya. Koefisien regresi
diperoleh Ŷ = 6.527 + 0,428X1 + 0,542X2 Artinya setiap peningkatan satu unit skor independen komitmen organisasi dan kompetensi professional secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,428+ 0,542= 0,97 (korelasi sangat kuat).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.332. Madrasah Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:48
Last Modified: 11 Oct 2021 03:49
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item
View Item