repository ptiq

Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus – Jakarta Selatan

Hayat, Mardiatul (2018) Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus – Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus – Jakarta Selatan] Text (Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus – Jakarta Selatan)
2018-MARIYATUL HAYAT-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Munculnya kurikulum Al-Azhar Kairo di Indonesia merupakan upaya dalam pengembangan pendidikan yang lebih baik khususnya pada pendidikan Islam Indonesia. Pengadaptasian sistem dan kurikulum dari negara ini merupakan salahsatu cara guna meningkatkan kualitas dan pengembangan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta Selatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. yaitu penelitian dengan mendeskripsikan dan menganalisis informasi berdasarkan fakta dan keadaan sebenarnya pada saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Dalam proses perencanaan kurikulum Al-Azhar Kairo di SD Azhari Islamic School, sekolah melibatkan seluruh guru bidang kurikulum Al-Azhar untuk membentuk tim penyusun kurikulum. Untuk mengembangkan kurikulum pada masing-masing pelajaran bahasa Arab, Islamic Studies, Tahfidzul Qur‟an serta menyederhanakan dan menyesuaikan kurikulum Al-Azhar Mesir dengan kurikulum Indonesia yang dituangkan melalui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan berpedoman pada silabus Al-Azhar.2) Pelaksanaan pembelajaran kurikulum Al-Azhar Kairo dilakukan dengan serangkaian aktivitas pembelajaran yang terdiri dari apersepsi, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Bentuk penerapan kurikulum Al-azhar dilaksanakan pada jam intrakurikuler sekolah. 3) Evaluasi pembelajaran kurikulum Al-Azhar Kairo menggunakan sistem penilaian autentik, dimana komponen yang dievaluasi adalah kognitif, psikomotorik dan afektif, evaluasi penilaian mencakup nilai tugas, ulangan harian dan ulangan semester dengan sistem penilaian gabungan serta penilaian yang diambil dari performance test4) Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum Al-Azhar mencakup guru yang kompeten, sarana penunjang, kerjasama tim antar guru, siswa dan orangtua, dan lingkungan religi. Faktor penghambat penerapan kurikulum Al Azhar yaitu pada kesulitan memahami bahasa berstandar Mesir, pengelolaan waktu, daya tangkap anak didik yang berbeda. Dari berbagai kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan konsistensi dan kerjasama dari semua pihak sehingga dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:52
Last Modified: 11 Oct 2021 06:52
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item