Andri, Andri (2017) Pengaruh Profesionalisme dan Kinerja Tenaga Pendidik terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik di Mts Negeri 1 Subang. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2017-ANDRI-2014.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh profesionalisme dan kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTsN 1 Subang secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik dan tenaga pendidik di MTsN 1 Subang khususnya guru yang mengajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.Sampel penelitian ini adalah sebanyak 101 responden dari total 308 populasi peserta didik dan guru MTsN 1 Subang pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuisioner, observasi, dan dokumentasi.Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Berdasarkan pengujian hipotesis menujukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Profesionalisme Tenaga Pendidik dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik, hal ini ditunjukkan oleh kekuatan pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,236 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0.01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,056 yang berarti Profesionalisme Tenaga Pendidik memberikan sumbangan pengaruh terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Sebesar 5,6% dan sisanya 94,4% ditentukan oleh faktor-faktor yang lain. Untuk koefesien regresi diperoleh Ŷ = 80,345+0,162X1, berarti bahwa setiap peningkatan satu poin Profesionalisme Tenaga Pendidik akan meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik sebesar 0,162 poin. Berdasarkan analisis tersebut Profesionalisme Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari skor Profesionalisme Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik.
Kedua Berdasarkan pengujian hipotesis menujukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kinerja Tenaga Pendidik dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik, hal ini ditunjukkan oleh kekuatan pengaruh atau koefisien korelasi sebesar 0,198 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0.01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar yang berarti KinerjaTenaga Pendidik terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Sebesar 3,9 % dan sisanya96,1% ditentukan oleh faktor-faktor yang lain. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi diperoleh Ŷ = 83,431+ 0,168X2, berarti bahwa setiap peningkatan satu poinKinerja Tenaga Pendidik meningkatkan skor Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik sebesar 0,168 poin.
Berdasarkan analisis tersebut Kinerja Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari Kinerja Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik.
Ketiga, Hubungan kedua variabel independen (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) secara simultan menujukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan variabel dependen (Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik). Jadi pada permasalahan yang sedang diteliti diketahui bahwa secara simultan kedua variabel independen atau bebas (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik di MTsN 1 Subang pada tahun pelajaran 2017/2018.
Hal ini dapat dilihat dari kekuatan atau koefisen korelasi sebesar 0, 275 pada tingkat kepercayaan 99% atau (α = 0,01). Dengan demikian maka Ho ditolak dan Hi diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Adapun koefisien determinasi R2(R square) sebesar 0,076 yang berarti Profesionalisme Tenaga Pendidik menyumbang terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Sebesar 7,6% dan sisanya 92,4% ditentukan oleh faktor-faktor yang lainnya. Adapun arah pengaruh persaman regresi Ŷ=73,001+0,136X1+0,125X2 berarti bahwa setiap peningkatan satu poin Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik secara simultan akan meningkatkan skor Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik sebesar 0,261 poin.
Jika dilihat dari nilai R square diatas maka secara bersama-sama variabel Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 7,6% terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik di MTsN 1 Subang dan sisanya merupakan faktor lain diluar kedua variabel bebas yang diteliti. Jadi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik tidak hanya dipengaruhi oleh Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik saja, akan tetapi bisa juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, pola asuh orang tua, pendidikan agama sejak usia anak-anak, latar belakang pendidikan orang tua, Pendidikan di sekolah dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.331. Madrasah Tsanawiyah 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:50 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/235 |